Suasana saat Siswa SMK 02 Bombana mengerjakan soal USB. (Foto : Hasrun/Mediakendari.com )

USBN dan UNBK Tak Jamin Kelulusan, Siswa SMK 02 Bombana Dituntut Berahlak Baik

Reporter : Hasrun

Editor : Kang Upi

KASIPUTE – Untuk menentukan kelulusan dari jenjang Sekolah Menengah Atas ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, siswa di SMK Negeri 02 Bombana tuntut bisa meraih nilai baik pada mata pelajaran Sekolah dan penilain ahlak.

Apps Mediakendari

Sekretaris Panitia Ujian Sekolah dan Nasional SMK 02 Negeri Bombana, Amrun,S.Pd saat ditemui mediakendari.com. Rabu (13/03/2019) menjelaskan, penetapan kelulusan siswa ditentukan melalui rapat Dewan Guru di Sekolah, untuk melihat nilai mata pelajaran dan ahlak serta sikap siswa.

“Masalah nilai tidak ditentukan sekarang, untuk masalah kelulusan siswa itu dilihat apakah dia sudah tuntas atau kompeten semua mata pelajaran dan ahlaknya,” ungkap Amrun.

Menurutnya, hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang digelar di SMK 02 Bombana mulai 11 hingga 18 Maret 2019 mendatang, tidak mempengaruhi kelulusan siswa. Begitu juga nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar 25 Maret mendatang.

Baca Juga :

“Dia berpengaruh hanya saat siswa mau masuk tes Perguruan Tinggi, atau mau masuk di angkatan, itu akan diliat nilainya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, penilaian tersebut sesuai Prosedur Operasional Sekolah (POS) yang diatur Kementerian Pendidikan RI dan bukan kebijakan sekolah. Meski begitu, pihaknya meminta siswa belajar dengan giat untuk menuntaskan ujiian Sekolah dengan sungguh-sungguh. (A)

Iklan HUT Konawe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!