oleh

Dari 3 Calon Sekda Baubau, Satu Diantaranya Pernah Dipanggil Panwaslu Terkait Dugaan Politik Praktis

-BAUBAU, FEATURED-64 dibaca

BAUBAU – Awal tahun 2018 jadi angin segar buat Sekretariat Daerah (Setda) Kota Baubau. Pasalnya, Januari nanti Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kota Baubau akan dilantik.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Asmaun mengatakan saat ini telah ada tiga nama yang telah mendapat rekomendasi tim Panitia Seleksi (Pansel).

“Walikota akan segera menetapkan tiga nama yang telah direkomendasikan tim Pansel,” ucap Asmaun saat ditemui di kantor Walikota Baubau, pada Sabtu (30/12).

Kata dia, tiga nama tersebut adalah Tamsir Tamim, Roni Muchtar dan Laode Yusuf Hibali. Ketiga nama tersebut telah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Sebelum Walikota menetapkan satu nama, terlebih dahulu dikoordinasikan dengan Plt Gubernur Sulawesi Tenggara,” ungkapnya.

Setelah itu, tambah Asmaun, satu nama yang telah ditentukan tersebut pelantikannya akan diusul ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Terkait dengan satu nama yang masuk kandidat calon Sekda Kota Baubau yakni Roni Muchtar yang belum lama ini direkomendasikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) ke KASN akibat dugaan pelanggaran Pilkada, Asmaun mengaku hal tersebut sepenuhnya menjadi wewenang KASN.

“Terkait Roni Muchtar itu yaa, KASN pasti akan melihat terlebih dahulu seperti apa bentuk kesalahannya sebelum kemudian diputuskan,” bebernya.

Asmaun menegaskan, dirinya tidak dapat memastikan akan berpengaruh atau tidak nama Roni Muchtar yang direkomendasikan oleh Panwaslu ke KASN dalam bursa pemilihan Sekda Baubau nantinya.

“Yang pasti, awal Januari nanti direncanakan akan ada Sekda definitif Kota Baubau,” tandasnya.

Reporter: Ardilan
Editor: Kardin

Terkini