SULTRA

Data Terbaru Covid-19 di Sultra, ODP 982, PDP 15 dan Positif 3 Orang

481
×

Data Terbaru Covid-19 di Sultra, ODP 982, PDP 15 dan Positif 3 Orang

Sebarkan artikel ini
Konferensi Pers Tim Gugus Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Sultra. (Foto: Rahmat R)

Reporter : Rahmat R.

KENDARI – Gugus tugas pencegahan dan penangan Covid-19 di Sulawesi Tenggara merilis data terbaru jumlah Orang Dalam Pemantauan (OPD), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) serta orang positif Corona.

Juru bicara gugus tugas penangan dan pencegahan Covid-19 di Sultra, dr Laode Rabiul Awal menyebut, ada dua poin penting yang di tracking timnya.

Pertama, Sultra tidak ada penambahan kasus baru atau positif terpapar Corona, tidak ada kematian pasien positif Corona dan, ketiga pasien posotof Coroana semua dalam keadaan baik dan diruang isolasi.

“Kedua, saat ini data ODP 982 orang, PDP 15 orang, 1 PDP satu meninggal dunia dan 3 orang positif tidak ada tambahan,” bebernya.

Dijelaskannya, peningkatan jumlah ODP dilihat berdasarkan kontak dan survei rekam kontak PDP dan yang positif Covid-19. “Satu PDP meninggal berdomisili di Kolaka riwayat umrah pada Februari 2020 lalu. Jenis kelamin perempuan, 20 Maret masuk IGD RS Bahteramas. Kemudian 21 Maret masuk ruang isolasi,” ungkapnya.

dr Rabiul juga membeberkan ada tiga daerah belum melaporkan data ODP maupun PDP, yaitu Konawe Selatan, Buton Selatan dan Konawe Kepulauan.

Untuk data terbaru jumlah ODP yang dirilis gugus tugas yakni, di Kota Kendari 80 orang, Kabupaten Konawe 54 orang, Konawe Utara 10 orang, Kolaka Timur 21 orang, Kolaka 5 orang.

Selanjutnya, Kolaka Utara 52 orang, Bombana 219 orang, Wakatobi 3 orang, Baubau 158 orang, Buton 94 orang, Buton Utara 52 orang, Muna 24 orang, Muna Barat 47 orang dan Buton Tengah 214 orang.

Untuk data jumlah PDP yakni, di Kota Kendari 9 orang, Kolaka 1 orang, asal Jakarta 1 orang, Buton Tengah 1, Kolaka 1 orang dan Konawe 3 orang

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sultra, Boy Ihwansyah menjelaskan, gugus tugas merilis data terbaru setiap 12 jam.

“Mulai hari ini, kami melaporkan perubahan data tiap jam 08.00 pagi dan 20.00 malam Wita,” kata Boy di Kantor Dinas Kesehatan Sultra, Senin 23 Maret 2020.

Menurutny, jika tidak rilis data terbaru pada waktu yang ditentukan maka berarti data Corona tidak ada perubahan.”Kalau malam ini tidak ada update berarti  datanya masih sama,” tutupnya.

Data ODP yang dipaparkan diatas memiliki perbedaan antara jumlah keseluruhan yang disampaikan gugus tugas sebanyak 982 orang dengan hasil perhitungan manual yang dilakukan redaksi MEDIAKENDARI.com sebanyak 1033 orang.

Redaksi MEDIAKENDARI.com masih mengkonfirmasi perbedaan data ini dan belum mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari gugus tugas pencegahan dan penangan Covid-19 di Sultra.

You cannot copy content of this page