FEATUREDKOLAKA TIMURSULTRA

Desa Iwoimea Jaya Wakili Koltim Lomba P2WKSS Tingkat Provinsi

359
×

Desa Iwoimea Jaya Wakili Koltim Lomba P2WKSS Tingkat Provinsi

Sebarkan artikel ini

TIRAWUTA – Desa Iwoimea Jaya, Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) terpilih sebagai Desa yang mewakili Koltim dalam lomba Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi. Untuk persiapan dalam mengikuti lomba, pemerintah Desa dan Daerah terus melakukan persiapan secara matang.

Sekalipun berada di wilayah pedalaman, namun antusias warga Desa Iwoimea Jaya dalam menghadapi lomba sangat besar, bukan hanya itu tapi kegiatan-kegiatan di Desa pun nampak terlihat para kaum wanita andil dalam menjalankan aktivitas, khususnya ketrampilan untuk pendapatan ibu rumah tangga, dan ini sangat terkait dengan peningkatan peranan wanita sejahtera.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah dalam sambutanya mengatakan, lomba ini merupakan program pemerintah dalam rangka menanggulangi kemiskinan serta upaya mengembangkan sumber daya manusia, lingkungan dengan tujuan kesejahteraan masyarakat dimana perempuan sebagai penggeraknya.

“Diharapkan Desa Iwoimea jaya yang mendapatkan kepercayaan, agar suasana seperti ini tetap dipelihara dan ditingkatkan agar menjadi contoh bagi Desa lain yang belum pernah mengikuti Lomba,” terangnya, Senin (05/11/2018).

Dikatakannya, potensi ibu-ibu di Desa itu sangat luar biasa dengan berbagai kreatifitas seperti mahir dalam menjahit, membuat kue dan kerajinan lainnya.

“Ini adalah potensi yang menjanjikan, jadi bagaimana potensi ini bisa digali sehingga menambah pendapatan keluarga. Kami sudah anggarkan agar PKK ini bisa berkembang,” jelasnya.

Ketua tim penilai lomba P2WKSS Provinsi, Andi Tenri Rawe Silondae mengungkapkan, penilaian yang dilakukan oleh masing-masing tim sesuai dengan tupoksi masing – masing, setelah itu barulah dievaluasi.

“Dari 17 Kabupaten/Kota yang ikut lomba P2WKSS, 4 Kabupaten sudah kami lakukan penilaian, untuk Koltim sendiri adalah yang ke Lima, selanjutnya usai penilaian kami akan melakukan penilaian di Kolaka Utara, Kolaka Bombana hingga ke Kabupaten Kepulauan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Camat Aere Sawal Sarifudin mengharapkan agar kedepannya peranan wanita ini bisa lebih eksis khususnya kesejahteraanya.

“Seperti yang disampaikan Bupati, kita perlu menggali potensi yang ada, ini merupakan Pekerjaan rumah buat kami kedepan agar makin berkembang khususnya peranan wanita dalam mengelola potensi yang ada,”harapnya. (b)

Reporter : Jaspin


You cannot copy content of this page