Desember, SMSI Siap Gelar Kongres Pertama

Redaksi

JAKARTA – Organisasi perusahaan media massa berbasis internet, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) akan menggelar Kongres I Desember mendatang.

Kongres rencananya diselenggarakan di Jakarta dengan agenda tunggal, yakni memilih Ketua Umum periode 2019-2024.

Hal itu merupakan keputusan rapat Dewan Pendiri yang digelar di Jalan Kebun Sirih, Jakarta, Jumat siang (22/11/2019)

Hadir dalam rapat lima pendiri SMSI, Atal S. Depari, Mirza Zulhadi, Teguh Santosa, Mursyid Sonsang dan Firdaus. Ketua Umum SMSI Auri Jaya juga hadir memberikan laporan kegiatan 2018-2019.

SMSI sendiri dideklarasikan 17 April 2017 yang dibesut sejumlah pengelola media massa berbasis internet. Organisasi ini juga diperkuat sejumlah tokoh nasional sebagai penasehat, seperti Chaerul Tanjung, Dahlan Iskan, Rizal Ramli, Prita Kemal Gani dan Jaya Suprana.

Kini SMSI telah berdiri di 30 provinsi dan memiliki lebih dari 1.000 anggota.

Baca Juga :

Sejak dideklarasikan, SMSI telah dipimpin oleh dua ketua umum, yakni Teguh Santosa untuk periode 2017-2018 dan Auri Jaya 2018-2019. Dalam kapasitas sebagai ketua umum, keduanya adalah mandataris Dewan Pendiri.

Selain memutuskan penyelenggaraan Kongres I, rapat Dewan Pendiri juga menyepakati penghapusan Ayat (1) Pasal 10 yang memberikan kewenangan kepada Dewan Pendiri untuk menyusun kepengurusan SMSI lima tahun pertama.

“Dalam dua tahun pertama telah banyak kemajuan yang dicapai SMSI. Organisasi ini sudah semakin matang. Sehingga kami sepakat untuk menghapuskan keistimewaan yang dimiliki Dewan Pendiri,” ujar Mirza Zulhadi yang memimpin rapat.

<p

“Setelah ini Dewan Pendiri dapat dinyatakan bubar, dan hanya menjadi catatan dalam sejarah SMSI,” tambah Teguh Santosa.

Ketua Umum Auri Jaya dalam laporannya menjelaskan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan SMSI. Terutama dalam penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Surabaya Februari lalu.

“Berbagai kegiatan itu, seperti peluncuran buku bertema jurnalisme pariwisata dan gala dinner HPN 2019 diselenggarakan untuk memantapkan branding SMSI,” ujar Auri Jaya yang didampingi Sekjen Firdaus.

Setelah mendengar laporan pengurus SMSI periode 2018-2019, Dewan Pendiri SMSI menyatakan menerima dengan  baik laporan kegiatan itu.

“Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian saudara Ketua Umum dan saudara Sekjen selama memimpin organisasi SMSI,” ujar Atal S Depari.

Mursyid Sonsang menyebut, Ketua Umum dan Sekjen memperlihatkan dedikasi tinggi dalam membawa SMSI, hingga bisa lebih berkibar lagi.

Setelah laporan yang disampaikannya diterima, Auri Jaya dan Firdaus mengembalikan mandat kepada Dewan Pendiri SMSI yang untuk sementara berperan sebagai caretaker, hingga Ketua Umum SMSI yang baru terpilih dalam Kongres mendatang.

Undangan untuk pengurus SMSI tingkat provinsi akan dikirimkan dalam waktu dekat.

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda