BUTON UTARAKESEHATAN

Dewan Butur Apresiasi Kinerja Puskesmas Wakorumba Utara Cegah Covid-19

733
×

Dewan Butur Apresiasi Kinerja Puskesmas Wakorumba Utara Cegah Covid-19

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRD Butur
Ketua DPRD Butur, Diwan saat meninjau Puskesmas Wakorumba Utara untuk mengecek kesiapan dalam pencegahan Covid-19

Reporter : Safrudin Darma

BUTON UTARA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Utara (Butur) mengapresiasi langkah pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilakukan Puskesmas Wakorumba Utara.

Salah satu dokter Puskesmas Wakorumba Utara, dr Findriani Eka Saputri menjelaskan dengan ketersediaan alat dan bahan kesehatan yang pihaknya telah berupaya mencegah agar virus Corona tidak masuk di wilayah Butur.

dr. Findriani menyebut, saat ini pihaknya sudah melakukan penyemprotan disinfektan sebagai langkah awalnya mencegah Covid-19.

“Sampai saat ini belum ada orang yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Kalau ada kita langsung rujuk, kita tidak tangani di Puskesmas. Begitu SOP(Standar Operasional Prosedur)-nya,” ucap dr. Findriani Sabtu 28 Maret 2020.

ia mengaku, hal yang dibutuhkan pihaknya adalah alat pelindung diri (APD) berupa baju pelindung, masker, dan alat pelindung mata.

Sementara, Ketua DPRD Butur, Diwan mengatakan pihaknya telah mencatat beberapa poin yang menjadi kebutuhan Puskesmas Wakorumba Utara.

“APD belum ada. Ini yang menjadi catatan kita dan akan kita sampaikan ke pemerintah daerah supaya secepatnya didistribusikan APD yang baru tiba,” kata Diwan ditemui di Puskesmas Wakorumba Utara.

Diwan menilai cukup salut dengan upaya pencegahan virus Corona yang telah dilakukan Puskesmas Wakorumba Utara meski dengan keterbatasan alat dan bahan kesehatan.

“Puskesmas akan berupaya menangani wabah Corona sebaik mungkin. Bila ada Orang Dalam Pemantauan (ODP) akan diimbau untuk melakukan karantina diri. Penjelasan dokter tadi, kalau ada PDP itu akan langsung di rujuk, tidak ditangani di Puskesmas karena Puskesmas belum punya ruang isolasi,” tandasnya.

You cannot copy content of this page