HEADLINE NEWSINTERNASIONALNEWS

Dewan IMF Rekomendasikan Hapus Batasan Usia, Buka Jalan bagi Georgieva Pimpin IMF

713
×

Dewan IMF Rekomendasikan Hapus Batasan Usia, Buka Jalan bagi Georgieva Pimpin IMF

Sebarkan artikel ini
Kandidat Uni Eropa untuk menjadi direktur pelaksana IMF, Georgieva

MEDIAKENDARI.COM – Dewan Dana Moneter Internasional (IMF) pada hari Rabu (21/8)  merekomendasikan perubahan aturan yang akan menghapus batas usia untuk pemimpinnya, membuka jalan bagi Kristalina Georgieva dari Bulgaria untuk memimpin IMF.

Komite pengarah IMF yang mewakili 189 negara anggota harus memberikan suara pada rekomendasi tersebut, tetapi diperkirakan akan menyetujuinya.

Georgieva, kandidat Uni Eropa untuk menjadi direktur pelaksana IMF, berusia 66 tahun pada 13 Agustus lalu sehingga terlalu tua baginya untuk menjabat berdasarkan aturan yang berlaku sejak 1951 yang menetapkan bahwa kandidat harus berusia 65 tahun ke bawah.

Jika dipilih, Georgieva akan menjadi perempuan kedua yang menjabat direktur pelaksana IMF setelah Christine Lagarde, yang mengundurkan diri untuk memimpin Bank Sentral Eropa.

Aturan IMF juga melarang siapa saja yang berada di posisi teratas untuk menjabat setelah berusia 70 tahun.

Perubahan itu, yang membutuhkan suara mayoritas sederhana dari para gubernur, akan menyelaraskan aturan IMF dengan Bank Dunia, yang usia presidennya tidak dibatasi.

BACA JUGA:

Pemungutan suara dijadwalkan mulai 21 Agustus hingga 4 September, kata IMF.

Badan pemberi pinjaman krisis global itu berencana memilih pemimpin baru untuk menggantikan Lagarde pada 4 Oktober. (my/ka)

You cannot copy content of this page