Dewan Pers Verifikasi Faktual Mediakendari.com

Redaksi

KENDARI – Anggota Dewan Pers Jamalul Insan bersama Deritawati melakukan proses verifikasi faktual terhadap kantor berita online mediakendari.com, Kamis (25/7/2019). Proses ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari proses verifikasi administrasi yang dilakukan via online.

Dalam proses verifikasi ini, kedua anggota Dewan Pers tersebut melakukan pengecekan sarana kantor mediakendari.com, pemeriksaan dokumen perusahaan dan melakukan tanya jawab dengan awak redaksi.

“Verifikasi ini dilakukan untuk mengecek kebenaran dan kesesuaian antara apa yang disampikan dalam dokumen yang dikirimkan ke Dewan Pers dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan,” kata Deritawati.

Anggota Dewan Pers Jamalul Insan (tengah) bersama Deritawati (kiri) saat proses verifikasi faktual terhadap kantor berita online mediakendari.com. (Foto : Redaksi)

Menurutnya, hasil konfirmasi dan data yang diambil tim verifikator dilapangan ini nantinya akan dibawa dalam rapat Tim Terpadu yang akan menentukan dan memutuskan proses verifikasi faktual ini.

“Hasil verifikasi ini akan diumumkan dalam dua minggu kedepan setelah verifikasi faktual ini dilakukan, juga akan diumumkan di website dewan pers,” kata Deritawati.

Ia juga menuturkan, berdasarkan ratifikasi Piagam Palembang Tahun 2010, ada empat hal yang menjadi fokus dalam proses verifikasi oleh Dewan Pers yakni standar perusahaan pers, kode etik jurnalistik, standar perlindungan profesi wartawan dan standar kompetensi wartawan.

“Untuk media yang telah terverifikasi faktual nantinya akan diberikan sertifikat khusus, yang menandakan bahwa media tersebut telah terverifikasi,” tambahnya.

Atas proses ini, Direktur Mediakendari.com Jafrun mengungkapkan rasa syukurnya atas terlaksananya proses verifikasi faktual oleh Dewan Pers. Menurutnya, kedepan mediakendari.com berkomitmen untuk menjadi media yang berkualitas.

“Alhamdulilah, setelah penantian panjang kita, akhirnya media ini bisa dilakukan proses verifikasi dari Dewan Pers,” ungkapnya.

Pemberian cinderamata dari Dewan Pers berupa dua buah buku tentang pers/jurnalistik. (Foto : Redaksi)

Hal senada juga diungkapkan Pemimpin Redaksi Mediakendari.com, Sudirman Duhari yang mengungkapkan rasa terimakasih atas kesediaan waktu bagi tim Dewan Pers untuk melakukan verifikasi.

“Kami berterimakasih, ini merupakan proses yang kami tunggu sebagai bagian dari usaha peningkatan kualitas media ini, sekaligus menjalankan amanah UU Pers,” ujarnya.

Agenda ini ditutup dengan penyerahan buku saku wartawan dan tentang uji kompetensi wartawan untuk mendukung peningkatan kualitas media sebagai sumber informasi untuk publik.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total