NEWS

Dikbud Konsel Sukses Gelar Speech and Story Telling Contest

1108
×

Dikbud Konsel Sukses Gelar Speech and Story Telling Contest

Sebarkan artikel ini
Penutupan Lomba Speech and Story Telling Contest yang digelar Disdikbud Konsel.

KONAWE SELATAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) sukses menggelar lomba Berpidato dan Mendongeng dalam bahasa inggris (Speech and Story Telling Contest) untuk Pelajar Setingkat Menengah Pertama (SMP) dengan tema “ Melalui Merdeka Belajara Wujudkan Siswa Berwawasan Global”.

Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 20 Kabupaten Konsel yang diinisiasi melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP se-Kabupaten Konsel.

Kepala Dinas Dikbud Konsel, Erawan Supla Yuda menegaskan pentingnya komunitas belajar untuk menopang program kerja dinas Pendidikan sebagi bentuk menyukseskan program kurikulum merdeka dalam bentuk aksi nyata dari guru dan siswa.

“Untuk itu saya, berpesan agar lomba ini sebagai agenda tetap komunitas dan dikemudian hari lomba ini lebih ditingkatkan kualitasnya,“ ucap Erawan saat ditemui Selasa, 2 Mei 2023.

Sekdis Dikbud Konsel, Hasim Amir tujuan lain diselenggarakannya lomba speech and Story Telling Contest 2023 guna melaksanakan Program Kerja komunitas MGMP Bahasa Inggris tahun 2023. Ia juga mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Selain itu untuk meningkatkan kemampuan berbahas Inggris siswa SMP dan juga menumbuhkan sikap kritis peserta terhadap isu Pendidikan, teknologi, kemudian Menjadi sarana untuk mengembangkan minat bahasa Inggris, berkompetisi dan melatih sportivitas pelajar sebagai wujud dari profil pelajar Pancasila,” ucap Hasim.

Terpisah, Ketua Panitia Pelaksana, Petrus Agung membeberkan tahapan-tahapan yang dilakukan yakni sosialisasi, technical meeting, penyetoran naskah berupa vidio, pelaksanaan banak penyisihan via daring serta grand final via luring mulai 8 Maret sampai 29 April 2023 lalu. Hari ini merupakan penutupan acara.

Ia menyebut, 48 sekolah ikut serta yang kemudian diseleksi menjadi 10 finalis untuk storytelling dengan juri penilai sebanyak tiga orang yang berasal dari unsur dinas Pendidikan, praktisi Pendidikan Universitas Haluoleo (Dosen) dan pengurus MGMP.

“Tentu semuanya mempunyai kompetensi dan latar belakang Pendidikan bahasa Inggris,” ungkapnya.

Sebagai informasi juara lomba Speech yakni :
1. Natasya Nurulia Inayah Juara I utusan dari SMPN 6 Konawe Selatan
2. Andi Nadhiifa Haura Juara II utusan dari SMPN 46 Konawe Selatan
3. Brigita Jefani Ransy Juara III utusan dari SMPN 1 Konawe Selatan.

Jenis Lomba Story Telling
1. Komang Trita Kusuma Juara I utusan dari SMPN 1 Konawe Selatan
2. Nikq MelinaJuara II utusan dari SMPN 46 Konawe Selatan
3. Irham Aditya Juara III utusan dari SMPN 8 Konawe Selatan.

Para juara ini akan diundang pada puncak acara kegiatan Ramah Tamah Penutuan Pameran Pembangunan Konawe Selatan Tahun 2023 untuk menerima penghargaan berupa Sertifikat, Piala dan Dana Pembinaan.

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page