NEWS

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Rakor Satgas Pangan Guna Menekan Laju Inflasi

801
×

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Rakor Satgas Pangan Guna Menekan Laju Inflasi

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Suasana Rakor Satgas Pangan oleh Dinas Ketahan Pangan Provinsi Sultra, di Hotel Sahid Azizah Syariah Hotel Kendari, Kamis 6 April 2023

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM–Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Sultra menggelar Rapat Koordinasi Satuan Tugas Pangan Provinsi Sultra Tahun 2023 dengan tema “Peran Satgas Pangan dalam Menekan Laju Inflasi serta Menjaga Ketersediaan Distribusi dan Stabilitas Harga Pangan Menjelang HBKN”.

Rakor ini digelar hari ini, Kamis 6 April 2023, yang berlangsung di Hotel Sahid Azizah Syariah Kendari, serta diikuti seluruh perwakilan kabupaten/kota se-Sultra, dalam hal ini diwakili oleh masing-masing kadis ketahanan pangan kab/kota di Sultra.

Rakor satgas pangan ini digelar untuk merumuskan strategi dan langkah yang tepat untuk bisa mengendalikan inflasi secara cepat dan tepat.

Tim satgas ini melibatkan seluruh OPD baik vertikal maupun struktural, pihak Polda, Dandrem serta stakeholder pangan untuk bersama mengurus pangan di Sulawesi Tenggara.

“Bagaimana kedepannya kita harus gali dan tempuh strategi yang tepat agar inflasi bisa ditekan, sehingga masyarakat tidak khawatir lagi dengan harga pangan” Kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra, Ari Sismanto.

Kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang penandatangan komitmen antar provinsi dan kota, untuk bersama-sama menekan laju inflasi.

“Karena yang menjadi kekhawatiran masyarakat adalah harga yang terus melonjak menjelang lebaran, sehingga kita berkomitmen untuk terus melakukan upaya yang maksimal” tegasnya.

Dalam rakor ini telah dicetuskan beberapa langkah sebagai upaya menekan laju inflasi adalah dengan menghadirkan Gelar Pangan Murah (GPM), sidak pasar serta sidak distributor untuk tidak menahan barang/stom pangan.

“Juga kita komitmen untuk melakukan kerjasama antar daerah yang surplus hasil pertanian atau perkebunannya agar dapat didistribusikan ke daerah-daerah yang defisit pangan” ungkap Ari.

Untuk itu Ari mengimbau, agar masyarakat berbelanja secara bijak, jangan menampung bahan pokok secara berlebihan di rumah, karena stok pangan di bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri dijamin aman dan terjaga.

Reporter: Nur Anisah

You cannot copy content of this page