NEWS

Dinas Koperasi Edukasi Puluhan UMKM di Konsel Tentang Keterampilan Skil Kewirausahaan

451
×

Dinas Koperasi Edukasi Puluhan UMKM di Konsel Tentang Keterampilan Skil Kewirausahaan

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Pembangunan suatu Daerah hakekatnya untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi, oleh karena itu target utama yang menjadi landasan munculnya program-program Nasioanal adalah pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran.

Guna mendukung hal itu Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melaui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UMKM) gelar pelatihan Kewirausahaan kepada 30 UMKM.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai sejak Jumat, hingga Minggu,19 Maret 2023. Di Hotel Kubra kendari. Dibuka oleh Armansyah selalu Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan.

” Mewakili Pemda Konsel, kami ucapkan terimakasih kepada Dinas Koperasi dan UMKM yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan kewirausahaan dalam rangka ikut andil mengembangkan UMKM,” ujar Armansyah.

Menurut mantan kadis nakertrans konsel ini, kegiatan tersebut sejalan dengan visi Kabupaten Konawe selatan yaitu menuju Konawe Selatan sejahtera, unggul dan amanah, berbasis pedesaan.

” Kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidak mampuan atau sebagai kekurangan kemampuan dan keterampilan atau, untuk bekerja dan mencari nafkah dalam menopang kehidupan,” jelasnya.

Untuk menyikapi persoalan kemiskinan dan pengangguran, kata Armansyah program pelatihan kewirausahaan menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi.

” Pemerintah selalu berupaya agar dapat lebih banyak lagi menganggarkan Dana APBD untuk peningkatan pengembangan dan pemberdayaan SDM sehingga pelaku usaha di daerah kita ini dapat terus berkembang,” terangnya.

” Kita patut berbangga karena dari tahun ke tahun tingkat pengangguran di daerah kita ini terus mengalami penurunan bahkan pengangguran di daerah Kabupaten konawe Selatan,” sambung dia

Menurutnya, salah satu faktor yang mempengaruhi menurunnya tingkat pengangguran tersebut adalah karena semakin berkembangnya kewirausahaan di daerah kita ini. ” Pemda konsel terus galakan semangat kewirausahaan dalam kehidupan masyarakat terkhusus pelaku usaha sehingga tingkat pengangguran dan kemiskinan akan terus berkurang,” pungkasnya.

Dikesempatan itu, Kepala Dinkop UMKM Agustiana Melamba berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan in secara serius dan sungguh-sungguh dengan mengikuti seluruh tahapan dan proses pelatihan, karena pelatihan ini tentunya lebih menekankan pada pembentukan keterampilan praktek.

” Praktek atau Skill yang diberikan dari pemateri-pemateri, kelak akan menjadi dasar keteranpilan saudara dalam berwirausaha saya yakin dan percaya bahwa dengan pelatihan ini saudara nantinya dapat berwirausaha
dengan sukses,” ungkapnya.

Dirinya juga mengajak para peserta bersama-sama kita bahu membahu membulatkan tekad dalam mengembangkan kewirausahaan di kabupaten Konsel. ” Semoga pelatihan ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengembangkan UMKM di daerah Kabupaten Konawe Selatan,” tutupnya.

Penulis:Erlin.

You cannot copy content of this page