oleh

Dinas Pariwisata Kendari Gelar Pemilihan Duta Wisata Luale Anandonia Tahun 2018

KENDARI – Guna mempromosikan wisata daerah, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Kendari menggelar iven pemilihan Duta Wisata Luale Anandonia tahun 2018.

Kepala Bidang (Kabid) pemasaran pariwisata kota Kendari, Wa ode Arnas Gusri mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ivent tahunan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari yang mana Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari menginginkan terpilihnya salah satu Duta Wisata.

Duta Wisata tersebut menjadi representasi pariwisata dan budaya guna mempromosikan dan mensosialisasikan program-program Dinas Pariwisata dan juga budaya-budaya Kota Kendari secara khusus Sulawesi Tenggara secara umum baik tingkat lokal sampai kepada tingkat dunia.

“Ketika mengikuti Duta Wisata ini akan ikut di dalam program pemerintah secara umum dan juga akan menjadi duta untuk menjadi duta pariwisata dan mengikuti duta wisata tingkat Provinsi Sultra yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2018,” ujar Arnas saat ditemui di salah satu hotel di Kendari, Rabu (07/03/2018).

Arnas mengungkapkan, Duta Wisata sebelumnya yaitu Adytia Dwi Laksono atau Anandonia Kota Kendari tahun 2017 juga sekaligus sebagai pemenang utama dari Duta Wisata tingkat Provinsi dan ikut sampai ketahap nasional dan juga masuk kategori 10 besar tingkat tersebut.

“Kami harapkan melalui duta ini dapat tergali bakat-bakat atau potensi dari pada generasi muda Kota Kendari untuk ikut serta dan membanggakan nama daerah dari tingkat lokal ke tingkat regional,” ucapnya.

Dijelaskan, adapun kriteria dari pada Duta Wisata adalah umur 16 hingga 25 tahun, kemudian memiliki wawasan di bidang khususnya kebudayaan lokal pariwisata, memiliki kepribadian yang baik dan juga memiliki penampilan yang menarik, menguasai Bahasa Inggris dan berdasarkan kriteria itu juga pihaknya memilih juri sesuai dengan kriteria yang dimaksud.

“Jadi, kita memilih juri salah satunya adalah ibu Raden Roro Lili Irawati yang di mana beliau sudah berpengalaman menjadi juri di daerah Sumatra Utara diantaranya. Ini menjadi salah satu bidang penampilan, bidang Psikologi, bidang bahasa inggris, bidang kebudayaan Tolaki,” paparnya.

Ia menuturkan, duta tersebut telah diseleksi melalui pemberkasan dan sesi wawancara, yang terpilih bakal melakukan kunjungan untuk memperkenalkan Duta Wisata kepada Kota Kendari dalam hal ini Wali Kota atau Plt Wali Kota Kendari dan kunjungan ke objek wisata seperti TPA, Kebun Raya dan Pantai Nambo.

Setelah itu lanjutnya, akan diadakan pula pembekalan kepada Duta Wisata guna memperkaya pengetahuan duta tentang bidang yang akan di ujikan nantinya pada saat Grand Final.

Arnas menambahkan, setelah Grand Final akan diadakan lagi acara penobatan. Setelah mendapatkan gelar Anandonia Luale akan mengikuti Duta Wisata tingkat Provinsi. Hadiah yang akan didapatkan senilai Rp 15 juta beserta rompi dan piagam.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti sertakan sekiranya ada generasi muda Kota Kendari yang memiliki bakat dan dapat mempromosikan pariwisata Kota Kendari,” Pungkasnya.

Reporter: Waty
Editor: Kardin

Terkini