oleh

Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Kendari Gelar Lomba Bertutur, Ini Tujuannya

 

Reporter: Nina Piratnasari

KENDARI – Dalam rangka meningkatkan minat baca pada siswa, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari, menggelar lomba bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiah (MI) se-Kota Kendari di salah satu hotel di Kendari, Rabu, 16 Juni 2021.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan Kota Kendari, Meriyanti, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan minat baca anak-anak dan menguasai budaya lokal, serta cerita lokal di Sultra.

“Apalagi di pandemi ini, anak-anak kurang mengunjungi perpustakaan, tetapi dengan adanya lomba bertutur ini memberi kesempatan anak-anak untuk belajar dirumah, dan mengangkat cerita lokal Sultra,” katanya.

Kata dia, tahun lalu, meskipun anggaran tidak ada tetapi Kota Kendari masuk di tingkat nasional diwakilkan oleh SDN 6 Kendari mewakili Sultra meskipun belum mendapat juara di tingkat nasional.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari, Sasriati, mengatakan jika kegiatan ini adalah program tingkat nasional yang tentunya di tingkat kabupaten kota harus bersinergi dalam pelaksanaannya. Kata dia, peserta yang menjuarai ini akan lanjut ke tingkat provinsi maupun nasional.

“Untuk pesertanya ini seluruh sekolah SD dan Madrasah Ibtidaiah se-Kota Kendari. Dalam hal ini ada perwakilan tiap kecamatan. Yang ikut saat ini ada 15 peserta dari 15 sekolah perwakilan 11 kecamatan di Kota Kendari,” ungkapnya.

Adapun kriteria penilaian dalam lomba ini, di antaranya kreativitas, ekspresi dari peserta, serta penyampaian sebuah informasi dalam cerita sehingga bisa menarik.

“Di tingkat nasional juga seperti itu, jadi peserta harus mempersiapkan diri terkait dengan kriteria-kriteria penilaian tersebut,” tambahnya. (B)

Terkini