oleh

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari Gelar Safari Perpustakaan

 

Reporter: Nina Piratnasari

KENDARI – Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Kendari menggelar Safari Perpustakaan Keliling dengan mengunjungi Masjid Al Alam, Masjid Al Razak, Masjid Al Kautsar (Masjid Agung) dan beberapa masjid lainnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan tiga kali dalam seminggu yakni hari Senin, Rabu, dan Jumat. Kegiatan ini diselenggarakan sejak 16 April sampai 7 Mei 2021.

Hal itu disampaikan Husni Mubaraq, Kabid Pengembangan Koleksi Pengolahan dan Konservasi Bahan Perpustakaan pada Jumat, 7 Mei 2021.

“Kami mulai jalan itu pukul 15.30 sampai menjelang buka puasa,” kata Husni kepada MediaKendari.Com.

Ia menjelaskan, perpustakaan keliling merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun dan bertujuan untuk mengampanyekan dan meningkatkan minat baca masyarakat.

Melalui kegiatan ini, pihaknya mengajak para pengunjung untuk membaca buku sekaligus menunggu waktu berbuka puasa.

“Jadi sasarannya kita itu masjid-masjid yang ada di Kota Kendari, dikhususkan dulu masjid di tengah kota yang mudah dijangkau,” tambahnya.

Buku yang ditawarkan pun persen merupakan buku agama yang terdiri dari tafsir, qur’an, maupun media-media yang menceritakan Islam, sedangkan persen buku bacaan umum dan buku anak-anak.

Ia berharap dengan adanya kegiatan pelayanan perpustakaan keliling dapat meningkatkan minat baca masyarakat terutama dengan menghadirkan aneka koleksi buku tanpa harus bergantung pada media elektronik.

“Kalau tidak corona, tiap hari juga kita rutin datang ke sekolah-sekolah, sasarannya kita itu SD dan SMP kita gilir,” tutupnya. (C)

Terkini