KendariNEWSSULTRA

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra Gelar Rapat Penyuluhan Layanan Sadar Arsip

647

KENDARI, Mediakendari.com – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Saleh, S.Pd.,MM.,Pub, secara resmi membuka kegiatan Penyuluhan Layanan Sadar Arsip, diselenggarakan di Hotel Kubah 9, Kendari, Rabu, 10 Juli 2024.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri para Pejabat Struktural dan Fungsional lingkup Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sultra. Adapun peserta dari Penyuluhan adalah para pejabat fungsional dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten/ Kota se- Provinsi Sulawesi Tenggara. Selain itu, Sub. Bagian Kepegawaiaan yang menangani kearsipan lingkup Pemprov. Sultra serta para fungsional dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sultra.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra, Nur Saleh mengatakan, memanjatkan puji syukur kehadirat Allah swt, Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya, penyuluhan ini dapat dilaksanakan yang merupakan salah satu tugas pokok Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Pada umumnya Kantor Pemerintahan ataupun Perusahaan cenderung mengarsipkan seluruh koleksi dokumen. Dokumen yang diarsipkan tersebut suatu saat diperlukan untuk dapat digunakan lagi di masa depan”, jelas nya.

Menurut Nur Saleh, adapun manfaat dari pengarsipan sendiri adalah mencegah kehilangan data, meningkatkan keamanan dan penunjang tugas pengelolah administrasi di perkantoran atau di perusahaan.

“Dokumen yang belum diarsipkan dengan baik berpotensi besar untuk hilang selamanya. Selain itu, dokumen yang belum diarsipkan akan menjadi sangat sulit untuk ditemukan khususnya apabila dokumen itu sangat dibutuhkan. Dokumen yang dikelola dengan sistem pengarsipan yang baik akan menjadi sarana pencegahan kehilangan dan juga memungkinkan pengambilan kembali dokumen dengan cepat”, tegasnya.

Sementara Saiful, selaku Penanggung jawab kegiatan mengungkapkan, Rapat penyuluhan sadar arsip ini dilaksnakan sehari penuh dengan harapan, apa yang didapatkan dari narasumber dapat bermanfaat untuk pelaksanaan tugas di kantor masing- masing.

Reporter : Ronas

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version