Dinas Pertanian Bombana Dorong Pemuda Bertani Hortikultura

Reporter: Hasrun
Editor: Kardin

RUMBIA – Dinas Pertanian Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengembangkan kelompok tani milenial, dengan menyiapkan berbagai jenis bibit tanaman hortikultura, seperti cabe geriting, tomat, pepaya dan bawang merah.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Bombana, Hj Andi Nur Alam mengatakan, hal tersebut dilakukan guna meningkatkan produksi pertanian hortikultura di Bombana.

“Tergantung proposalnya kelompok ini mau tanam apa yang cocok dengan jenis tanah di daerah masing-masing. Kalau di wilayah poleang cocok untuk bawang merah,” kata Andi Nur, saat di temui diruang kerjanya, Kamis (9/1/2020)

Selain itu, guna meningkatkan produksi tanaman, pihaknya juga menyediakan pestisida dan pupuk yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020.

“Di lapangan juga ada PPL kita yang membantu memberikan edukasi cara tanam yang baik pada kelompok tani anak muda di beberapa wilayah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, tahun sebelumnya, Distan Bombana sudah membina dan memberikan bantuan bibit hortikultura bagi beberapa kelompok tani milenial, seperti di daerah Tampa Bulu dan Bambaea juga di wilayah Kabaeana.

“Kita dorong untuk bertani hortikultura untuk menambah penghasilan. Alhamdulillah, mereka sebagian sudah memetik hasilnya,” katanya.

Pihaknya menginginkan agar para pemuda lainya di daerah, membentuk kelompok tani untuk menanam tanaman jangka pendek.

“Apalagi anak muda, selain bisa berinofasi, mereka juga bisa liat di internet cara menanam yang labih baik. Nanti dipadukan dengan apa yang sudah diketahui,” tutupnya.

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda