Dinas Pertanian Bombana Salurkan Pupuk dan Herbisida ke Petani

Reporter : Hasrun
Editor : Wiwid Abid Abadi

RUMBIA – Dinas Pertanian (Distan), Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyalurkan bantuan pupuk dan herbisida, serta tangki semprot tanaman kepada kelompok tani yang ada diwilayah Bombana.

Pembagian pupuk dan herbisida itu, merupakan program lanjutan Pemerintah Daerah (Pemda) Bombana untuk meningkatkan produksi petani, melalui program Gerakan Pembangunan Palma Terpadu (GP2T).

Kabid Perkebunan, Distan Bombana, Rimbu, menuturkan, bahwa pupuk untuk para petani merupakan upaya Pemda Bombana untuk mendukung peningkatan kualitas produksi petani palma, terlebih untuk tanaman kelapa genja, aren genja, dan juga tanaman sela, yakni marica, yang telah dibagikan pada tahun 2018 yang lalu.

BACA JUGA :

“Ini program lanjutan Gerakan Pemgembangan Palma Terpadu (GP2T) tahun kemarin,” jelas Rimbu, Selasa, (20/2/2019).

Dijelaskan Rimbu, program GP2T adalah pembagian bibit kepada para petani, mulai dari bibit kelapa genja, aren genja untuk produksi gula merah, dan juga tanaman sela, yakni marica, juga disalurkan memalui kelompok tani yang ada diwilayah itu.

“Marica ini ditanam di sela-sela pohon kelapa,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu Ketua Kelompok Tani Lootu, Desa Pusuea Kecamatan Poleang Utara, Hasanudin P mengatakan, pihaknya merasa sangat bersukur, atas bantuan dari Pemerintah Daerah (Bombana) tersbut.

Menurutnya, pupuk dan herbisida serta tangki semprot yang diterimanya dapat menunjang kualitas produksi pertanian.

“Kami bersukur karena Pemerintah memberi bantuan, yang paling penting adalah racun rumput. Alhamdulilah kami diberikan juga, semoga dengan ini, hasil semakin meningkat,” pungkasnya. (B)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda