oleh

Dinas Perumahan Konkep Dapat Jatah Bangun Rumah Pangung di Pantai Kampa

LANGARA – Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki sejumlah obyek wisata pantai, pengembangan fasilitas di Pantai Kampa yang berada di Desa Wawobili Kecamatan Wawonii Barat kini menjadi fokus perhatian oleh Pemerintah Daerah setempat, dengan tujuan selain untuk mengembangkan pelayanan kepada wisatawan juga untuk menggali Pemasukan Asli Daerah (PAD).

Target Pemda untuk menjadikan Pantai Kampa sebagai icon tidak main-main, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turun dilibatkan dalam melakukan pembenahan. Salah satunya, Dinas Perumahan yang diberi tugas membangun wahana panggung terbuka, Kepala Dinas Perumahan, Danyal mengatakan, tujuan rencana pembangunan rumah panggung itu dimaksudkan untuk meningkatkan daya tarik wisata pesisir pantai agar selalu dilirik para wisatawan.

“Kami sudah melakukan identifikasi serta pemetaan wilayah persiapan pembangunan rumah panggung. Kemudian grand desain sudah kami tuntaskan. Rencana pembangunan rumah panggung ini bakal disiapkan beberapa fasilitas agar dapat memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada setiap pengunjung pantai kampa baik turis lokal maupun mancanegara,” terangnya Senin, (22/10).

Dikatakannya gagasan untuk mengembangkan potensi Pantai Kampa, setelah beberapa waktu lalu Pemda Konkep melakukan Pendidikan dan Pelatihan kepemimpinan II di Bali, dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di daerah itu. Dan selanjutnya tinggal melihat evektifnya dalam pengembangan setiap wisata apakah bakal maksimal jika semua OPD bersinergi.

“Tapi dengan ketekunan, keseriusan oleh semua steakholder untuk mengembangkan wisata tersebut serta dukungan dari semua eleman masyarakat. Jika hal itu sudah terjalin, maka kami yakin dan percaya pantai kampa akan menjadi salah satu objek wisata terbaik di Sultra,”tutupnya. (b)

Reporter : Ajad Sudrajad


Terkini