NEWS

Dinkes Baubau Masih Berlakukan Antigen Gratis

586
×

Dinkes Baubau Masih Berlakukan Antigen Gratis

Sebarkan artikel ini
Alat swab antigen Covid-19.

BAUBAU – Dinas Kesehatan Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) tetap memberlakukan program swab antigen gratis ke masyarakat. Program tersebut untuk memastikan potensi penyebaran virus Corona dapat dideteksi lebih awal sehingga tidak ada peluang munculnya klaster baru Covid-19.

Plt Kepala Dinkes Kota Baubau, Sitti Munawar mengatakan masyarakat yang ingin melakukan swab antigen agar tidak ragu mendatangi 17 Puskesmas di Kota Baubau.

Soal biaya, Sitti Munawar mengungkapkan warga tidak perlu cemas seperti sebelum-sebelumnya karena antigen akan dilakukan secara cuma-cuma alias gratis karena pihaknya telah mendistribusikan alat rapid antigen keseluruh Puskesmas di Baubau.

“Sampai saat ini masyarakat masih dapat menikmati layanan swab antigen gratis disemua Puskesmas Kota Baubau,” kata Sitti Munawar dalam keterangannya ditulis Senin, 01 November 2021.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinkes Baubau, Marfiah Tahara menjelaskan pihaknya menyediakan antigen gratis dengan stok yang terbilang banyak sebagai upaya tressing.

Marfiah mengaku untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat pihaknya juga menyiapkan pelayanan swab antigen di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Baubau yang terletak di kawasan simpang Lima Palagimata. Selain masyarakat, pihaknya juga melayani pelaku perjalanan.

“Untuk mendapat layanan swab antigen masyarakat cukup membawa KTP sebab data NIK akan disingkronkan dengan aplikasi Peduli Lindungi yang juga merekam data vaksin. Kami juga ini tengah kejar target soal vaksinasi,” katanya.

Meski situasi kasus Covid-19 saat ini melandai, Marfiah mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan seperti tetap memakai masker saat beraktifitas di luar rumah serta tetap menjaga jarak dalam setiap kegiatan agar tidak berdampak pada kerumunan.

Penulis : Ardilan

You cannot copy content of this page