oleh

Dinkes Konawe Siaga Penyebaran DBD Dimusim Penghujan

-NEWS-100 dibaca

Reporter: Andis

KABUPATEN KONAWE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe bersiaga penyebaran Deman Berdarah Dengue (DBD) bersamaan datangnya musim hujan, yang mulai mengguyur wialah tersebut.

Kepala Dinkes Kabupaten Konawe, Mawar Taligana menjelaskan, bahwa sudah menjadi agenda rutin jika menghadapi musim hujan pihaknya bersiaga mengantisipasi penyebaran DBD.

“Kalau awal awal penghujan seperti ini, memang belum ada kasus, biasanya pertengahan sampai akhir banyak penyakit timbul, tapi kita tetap terus siaga mengantisipasi itu,” terang Mawar di kantornya, Jumat 26 Februari 2021.

Dalam kesiapsiagaan ini, lanjutnya, pihaknya sudah membentuk tim penanggulangan bencana, khususnya dalam penanganan kesehatan bagi korban bencana, untuk berjaga-jaga jika terjadi hujan berlebihan.

“Sejauh ini kami sudah membentuk tim dan terus berkoordinasi, dan berjaga-jaga. Karena timbulnya penyakit DBD ini, karna faktor hujan yang berlebihan atau sekali kali hujan berhenti terus hujan lagi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kata Mawarm dirinya juga sudah memerintahkan Puskesmas untuk melakukan survei dan pemantauan jika ada terjadi laporan adanya peningkatan penyakit seperti DBD dan lain-lainnya.

“Kami selalu berkoordinasi dengan tim survei yang ada di tiap Puskesmas se-Konawe, jadi jika ada timbul nya penyakit, kita bisa tau dan menanggulangi nya lebih cepat,” pungkasnya. /B

Terkini