Dipadati Ribuan Pemudik, Arus Mudik Pelabuhan Murhum Tetap Tertib

BAUBAU – H-4 menuju Hari Raya Idul Fitri membuat pihak Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Kota Baubau bekerja keras menghadapi ribuan pemudik yang memadati Pelabuhan Murhum.

Kepala KUPP Baubau, Subagio mengatakan hari ini (Senin, red) akan dua kapal Pelni yang sandar di Pelabuhan Murhum yakni Kapal Tidar dari tujuan Sorong dan Kapal Sinabung dari Makassar.

“Kapal Tidar menurun 2579 orang penumpang dan penumpang naik dari Baubau sebanyak 417 orang. Sedangkan, kapal Sinabung menurunkan 2280 orang turun dan penumpang naik sebanyak 935 orang,” ungkap Subagio dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (11/6/2018).

Subagio juga menuturkan, apabila dirata – ratakan kondisi mudik dari H – 10 hingga H – 4 saat ini, ada sekitar 400 penumpang mudik yang naik turun di Pelabuhan Murhum.

“Walaupun Pelabuhan dipadati penumpang mudik, tetapi alhamdulillah aktifitas pelayanan dan kondisi arus mudik semua berjalan tertib,” ujarnya.

Kata dia, arus mudik hingga H – 4 lebaran ini mengalami kenaikan hingga 500 persen dibanding hari biasa.

“Kalau hari biasa itu jumlah penumpang naik turun sekitar 500 orang, jelang lebaran ini bisa mencapai hingga 2500 orang. Tahun ini juga mengalami kenaikan dibanding tahun lalu,” bebernya.

Ia menjelaskan, tahun ini arus mudik didominasi oleh penumpang yang datang dari luar Baubau dibanding yang keluar Baubau.

“Pemudik didominasi yang datang dari luar Baubau. Bisa saja ini karena Baubau mau ada pesta demokrasi Pemilihan Wali Kota (Pilwali),” tandasnya.

Untuk diketahui, KUPP Kelas I Baubau diback up oleh Polres Baubau, Kodim 1413 Buton, Satpol PP dan Dinas Perhubungan dalam menjaga berlangsungnya arus mudik di Pelabuhan Murhum.


Reporter: Ardilan
Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total