oleh

Disdukcapil Konsel Latih Ibu PKK Jadi Kader GISA.

Reporter : Erlin
Editor : Kang Upi

LAEYA – Untuk mewujudkan masyarakat yang tertib administrasi sesuai visi ‘Desa Maju Konsel Hebat’, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar pelatihan kader Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

Dalam pelatihan yang digelar di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Lamon Jaya Kecaamatan Laeya, Selasa (30/1/2019), Disdukcapil Konsel melibatkan ibu PKK di desa atau kelurahan untuk membantu sosialisasi pentingnya dokumen kependudukan.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Bupati Konsel H.Surunuddin Dangga menekankan agar peserta pelatihan Kader GISA dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang persyaratan penerbitan dokumen kependudukan sesuai Perpres nomor 96 tahun 2018.

Ia juga menyebut jika kader PKK merupakan ujung tombak di desa dan kelurahan dalam sosialisasi kepada masyarakat agar memiliki dokumen kependudukan seperti kartu keluarga, KTP, akta dan lainnya.

“Diharapkan dapat memotivasi peserta dalam menyampaikan kepada kadernya seperti para ibu Dasa Wisma, kelompok Majelis Taklim dan lain lain,” jelasnya.

Surunudin juga berharap, pelatihan GISA dapat menjadi corong dalam menata sistem pelaporan administrasi untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

“2019 Pemda Konsel akan berupaya mensinergikan mulai dari tingkat instansi OPD sampai ke tingkat kecamatan dan desa,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Konsel Nurlita Jaya AS berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas kader dalam membantu mensosialisasikan program GISA mulai dari tingkat RT/RW, dusun, lingkungan sampai ke tingkat desa dan kelurahan.

Nurlita mengaku dirinya sengaja memilih ibu sebagai sasaran pelatihan dan sosialisasi GISA karena perannya dinilai sangat strategis dalam menunjang pembangunan Konsel. Menurutnya para ibu di Konsel cukup aktif mengikuti kegiatan Pemda.

“Bukan cuma GISA saja, tetapi semua program yang ada pada instansi OPD Kabupaten Konsel seperti koperasi, kesehatan para ibu selalu terlibat,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, S.Sos., M.Si, Sekda Konsel Drs.Ir.H.Sjarif Sajang,M.Si, Kadis Dukcapil Provinsi Sultra Dr.Ir.Ismail Lawasa,M.Si k, Kadis Perindag Hj.St.Chadidjah, Kabag Humas Taufiq Amin Lar dan kabag Umum Erna Yustianan. (B)

Terkini