oleh

Dishub Sultra Segera Selesaikan Pembangunan 12 ‘Rest Area’

BAUBAU – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Hado Hasina mengungkapkan akan segera menyelesaikan 12 ‘Rest Area’.

“Salah satu dari 12 rest area yang segera kami rampungkan saat ini adalah terminal Waromosio di Baubau,” ucap Hado Hasina, Selasa (7/8/2018).

Pj Wali Kota Baubau tersebut mengatakan, pihaknya mulai melakukan pembangunan terminal Waromosio sejak tahun 2017 lalu. Karena, yang jadi terminal sebelumnya di Baubau akan digunakan oleh pemilik lahan.

“Terminal sebelumnya sudah mau digunakan oleh pemilik lahan. Makanya, kita segera rampungkan terminal Waromosio ini,” ujarnya.

Meski belum rampung 100%, kata dia, terminal Waromosio sudah bisa digunakan. Terminal yang berlokasi dipinggir bibir pantai Kadolomoko itu memiliki kapasitas menampung sekitar 300 kendaraan angkutan umum luar kota.

“Semua bisa memanfaatkan tempat itu untuk meningkatkan pendapatan ekonomi. Disana juga nanti tempat beli souvenir atau oleh – oleh bagi pendatang dari luar daerah,” ulasnya.

Dia menjelaskan, terminal Lapangan Tembak yang sebelumnya sebagai tempat angkutan umum luar kota sudah dipindahkan ke terminal Waromosio. Sebab, Kodim 1413 Buton sebagai pemilik lahan ingin menggunakan kembali tempat tersebut.

“Kodim 1413 Buton sudah lama ingin memakai kembali tempat itu. Tapi, belum ada alternatif lain. Sekarang, terminal Waromosio sudah bisa dipakai sambil dirampungkan pengerjaannya secara keseluruhan, tandasnya.

Dia menambahkan, pihaknya telah bekerjasama dengan aparat kepolisian untuk mengawasi agar mobil angkutan luar kota tidak kembali mangkal diterminal Lapangan Tembak.

Diketahui, ‘Rest Area’ lainnya yang telah selesai dibangun ada di Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Sedangkan, yang lanjut dibangun ada pula di Pasarwajo, Kabupaten Buton.(a)


Reporter: Ardilan

Terkini