oleh

Dispar Baubau Selenggarakan Lomba Nyanyi

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan lomba menyanyi untuk pengamen. Lomba itu bermaksud menyemangati masyarakat agar tetap kreatif meski kondisi pandemi Covid-19 belum juga usai.

Selain pengamen, Dispar Baubau juga memberi kesempatan yang sama bagi anak sekolah dan masyarakat umum untuk menunjukan bakat olah vokalnya.

Kepala Dispar (Kadispar) Kota Baubau, Muhammad Idrus Taufik Saidi mengungkapkan pihaknya menggelar lomba menyanyi vokal grup lagu daerah, para pengamen jalanan, dan lagu religi sebagai upaya membangun semangat di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, agar aktivitas ekonomi dapat berjalan.

Ia mengatakan pendaftaran dibuka mulai 13 Oktober 2021. Untuk lokasinya, pria yang akrab disapa Fecky ini bilang pihaknya akan memusatkan kegiatan di kawasan simpang lima Palagimata Kecamatan Betoambari tepatnya di lokasi menara pandang.

“Teknis pelaksanaan lomba menyanyi itu nantinya akan kita selaraskan dengan situasi pandemi Covid-19. Itu yang paling utama. Kita atur mulai dari dewan juri, para peserta, maupun pihak-pihak yang terlibat wajib menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan,” ungkap Kadispar Kota Baubau, Muhammad Idrus Taufik Saidi dalam keterangannya Kamis, 14 Oktober 2021.

Fecky mengaku pihaknya menyelenggarakan lomba tersebut karena menyesuaikan kondisi Kota Baubau yang masuk zona hijau Covid-19 yang berarti Baubau bebas dari zona merah Covid-19.

Ia menjelaskan pihaknya tetap berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Baubau untuk memantau pelaksanaan lomba tersebut agar tidak memicu munculnya klaster baru penyebaran virus Corona. Dispar juga bakal membatasi jumlah yang hadir sebanyak 35 hingga 50 orang saja dalam lomba-lomba yang diselenggarakan itu.

“Kami juga akan menggelar agenda budaya seperti tuturangiana batupoaro, tuturangiana andala Pulau Makassar, santiago dan bubusiana lipu yang sempat terhambat akibat wabah Covid-19 tahun lalu (2020),” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan Dispar Baubau ini dalam rangka menyambut HUT Kota Baubau ke-20 dan Hari Jadi Baubau ke-480 yang diperingati 17 Oktober 2021 mendatang.

Terkini