KendariMETRO KOTA

Dispar Dorong Kendari Jadi Kota MICE, Ini Faktor Penentunya

365
×

Dispar Dorong Kendari Jadi Kota MICE, Ini Faktor Penentunya

Sebarkan artikel ini
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Kendari , Fauziah Foto : MEDIAKENDARI.com

Editor : Kang Upi

KENDARI – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Kendari terus mendorong pengembangan pariwisata dengan konsep metropolis, sesuai trend dan era kekinian yang digandrungi pasar.

Salah satu gagasan untuk mewujudkan hal tersebut yakni, melalui pengembangkan pariwisata di Kota Kendari dengan konsep Kota MICE atau Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition.

“Kita dukung itu kota MICE itu cita-cita ke depan kita. Kota Kendari sebagai kota MICE,” kata Kadis Budpar Kendari, Fauziah dalam acara Ngobrol Pintar bersama SMSI Sultra di Kopi Tungku Kendari, Jumat (15/11/2019).

Baca Juga :

Mengutip lama http://djpen.kemendag.go.id/ milik Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, Pemerintah telah menetapkan 10 kota utama dan 3 kota potensial tujuan MICE di Indonesia.

10 kota utama tersebut adalah Medan, Padang/ Bukit Tinggi, Batam, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makasar dan Manado. Sedangkan tiga kota potensial adalah Palembang, Lombok dan Balikpapan.

Akan tetapi pengembangan Industri MICE tidak hanya terbatas pada kota-kota tersebut melainkan semua kota di Indonsia. Kemendag RI merilis sejumlah factor penentu dalam memilih destinasi MICE

• Keamanan
Semua konsumen MICE mengingin kan adanya jaminan keamanan, baik dari pemerintah maupun oleh penyelenggara. Dalam setiap event internasional perlu adanya fasilitas pengamanan yang ketat khususnya di venue dan akomodasi.

Selain itu tempat yang menjadi bagian pendukung kegiatan juga harus dijaga keamaannya misalnya di bandara dan tempat hiburan malam selama acara berlangsung.

• Harga
Harga yang bersaing dengan fasilitas yang lengkap menjadi salah satu kriteria bagi para konsumen MICE dalam menentukan daerah tujuan kegiatannya. Fasilitas hiburan yang memadai serta fasilitas pendukung diluar kegiatan utama menjadi nilai tambah suatu daerah dalam menarik konsumen MICE.

• Kemudahan Akses
Daerah destinasi MICE membutuhkan fasilitas aksesibilitas dan transfer baik dari darat, laut maupun udara. Transportasi yang mudah aman, efisien dan bebas hambatan mempermudah para konsumen MICE dalam menjangkau kawasan tersebut.

• Fasilitas Terpelihara
Fasilitas yang terjaga dengan baik pada venue pelaksanaan MICE akan membuat konsumen MICE nyaman untuk tinggal lebih lama. Berbagai fasilitas yang disediakan pada venue dengan standar internasional, resort kelas dunia dan tempat hiburan yang menarik.

• Infrastruktur
Dalam penyelenggaraan event internasional, dibutuhkan fasilitas infrastruktur langsung seperti venue meeting dan konvensi yang berstandar internasional dengan jumlah kapasitas yang memadai serta terintegrasi dengan hotel dan tempat hiburan.

Infrastruktur pendukung bagi para konsumen untuk menuju ke venue penyelenggaraan sangat penting. Selain mudah untuk di akses, infrastruktur berstandar internasional sangat diperlukan diantaranya, bandara yang mampu menampung pesawat besar dan adanya jalur langsung ke kota internasional.

• Atraksi waktu senggang
Program hiburan selama penyelenggaraan kegiatan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen MICE. Untuk mengilangkan kejenuhan mengikuti acara, pada umumnya diselingi dengan kegiatan hiburan, diantaranya pertunjukan seni dan budaya maupun mengunjungi objek wisata.

• Bahasa
Untuk mempermudah para konsumen MICE dalam mengikuti agenda kegiatannya, maka perlu adanya tourism hospitality and MICE staff yang bisa berbahasa asing. Tergantung dengan asal konsumen MICE tersebut. Penyedia jasa MICE sudah seharusnya menyediakan profesional yang mampu berbahasa asing.

You cannot copy content of this page