BUTON UTARAEKONOMI & BISNISSULTRA

Distan Butur Komitmen Tingkatkan Produk Beras Wakowondu Hingga Menasional

490
×

Distan Butur Komitmen Tingkatkan Produk Beras Wakowondu Hingga Menasional

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Yusuf, saat memperlihatkan prodak beras wakowondu Daerah Buton Utara. (Foto : Safrudin Darma/Mediakendari.com)

Reporter : Safrudin Darma
Editor : Def

BURANGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pertanian (Distan) berkomitmen akan terus meningkatkan produk Beras Wakowondu. Pada 2018 lalu, Butur berhasil mengemas program beras Wakowondu dan sudah diperjualkan hingga tingkat Nasional.

Sebagai upaya untuk mempertahankan dan peningkatan produk beras Wakowundu, pada tahun 2019 ini Distan akan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan Kementrian Pertanian (Kementan) RI, agar produk beras Wakowundu ini terus mengalami peningkatan.

Kepala Distan Butur, Yusuf mengaku, sebagai upaya mempertahankan produk beras Wakowundu ini, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin dalam penanaman benih beras Wakowundu.

“Kami sudah mensurvei lokasi atau lahan masyarakat yang siap dipakai untuk penanaman, baik dari daerah Labuan sampai Kamabowa dan Bonegunu. Dan kami pastikan tahun ini Butur akan menghasilkan beras Wakowondu lebih banyak lagi ketimbang tahun kemarin,” kata Kepada Mediakendari.com, Senin (18/2/2019).

Baca Juga : Tiga Tahun Pemerintahan, Ini Hasil Karya Abu Hasan – Ramadio di Butur

Dikatakannya, program ini bukan hanya program milik pemerintah saja, namun program untuk masyarakat Butur tentunya, sehingga masyarakat juga harus ikut mensukseskan program ini.

“Petani-petani di Butur sudah siap menyukseskan program ini,” terangnya.

Dari penanaman padi ini, lanjutnya, bisa meningkatkan penghasilan masyarakat itu sendiri. Dan sekarang ini beras Wakowondu sudah dicari-cari masyarakat di kalangan menengah-atas.

Baca Juga : Pemkab Butur Siap Gelar STQ, Berikut Jadwalnya

“Sebab beras ini mempunyai manfaat yang banyak. Semoga program ini bisa sukses dan hasil beras Wakowondu dapat diperdagangkan di Nasional bahkan di ekspor keluar Negeri,” harapnya. (B)

You cannot copy content of this page