DKP Kendari Pastikan Stok Ikan Aman Hingga Ramadhan

NEWS188 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari Imran Ismail memastikan stok ikan aman hingga Ramadan dan Idul Fitri 2023.

“Jadi dari mulai bulan 9 sampai April itu memang produksi ikan lagi dipuncak-puncaknya, kalau dari Mei sampai bulan 8 itu kita ada krisis produksi, jadi memang sudah ada prediksi selam setahun kedepan, kalau stok ramadan dan lebaran itu sudah aman,” jelas Imran.

Selain stok, Imran juga memastikan harga ikan tetap stabil dengan ketersediaan produksi ikan yang cukup melimpah hingga beberapa bulan kedepan.

“Kalaupun harganya melonjak menurut saya itu lumrah, karena ini berpengaruh dengan hasil tangkapan nelayan, tapi tetap ini musiman, terkadang naik dan pasti akan turun juga harganya,” ungkapnya.

Dalam hal perbandingan tangkapan ikan, di tahun 2020 produksi ikan mencapai 38 ribu ton, 2021 mencapai 31 ribu ton, dan ditahun 2022 sedikit meningkat 20 % yaitu sebanyak 33 ribu ton dari produksi ikan.

“Jadi untuk tahun ini kita dari dinas perikanan punya potensi produksi ikan dari 31-38 ribu ton pertahunnya, jadi harusnya tahun ini kita bisa mencapai produksi tersebut” Jelas Imran dalam keterangannya, Rabu (25/1/23)

Produksi ikan tidak lepas dari TPI, untuk itu kata Imran, TPI di Kota Kendari sudah dalam proses rehab secara bertahap, begitupula jembatannya, dan penertiban para pedagang.

“Harapannya melalui Dinas perikanan ini kami bisa membantu sarana dan prasarana untuk para nelayan dalam meningkatkan mata pencahariannya, dan pastinya kami akan terus memberdayakan para nelayan khususnya di kota Kendari,” tutupnya.

Reporter: Nur Anisah