KendariNASIONALNEWSSULTRA

Dompet Dhuafa Sultra Semprot Disinfektan 11 Masjid dan Pesantren di Kota Kendari

1130
×

Dompet Dhuafa Sultra Semprot Disinfektan 11 Masjid dan Pesantren di Kota Kendari

Sebarkan artikel ini
Petugas Dompet Dhuafa Sulawesi Tenggara mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) saat menyemprot kawasan luar dan masjid dan sejumlah pondok di Kota Kendari, Selasa 24 Maret 2020.

Reporter: Febi Purnasari / Editor: Kang Upi

KENDARI – Sebagai lembaga amil zakat yang fokus dalam pemberian bantuan sosial kemanusiaan, Dompet Dhuafa turut ambil bagian dalam penanganan wabah virus Corona di Indonesia.

Sejak Pemerintah Pusat menetapkan darurat Corona pada 29 Februari 2020 lalu, Dompet Dhuafa membuka donasi secara nasional yang dikampanyekan dalam tagar #MelawanCovid-19 dan #MenebarKebaikan.

Petugas Dompet Dhuafa Sulawesi Tenggara mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) saat menyemprot dalam masjid dan sejumlah pondok di Kota Kendari, Selasa 24 Maret 2020.

Tidak hanya di level pusat, gerak langkah Dompet Dhuafa dalam penanganan wabah Corona juga dilakukan dengan intensif di daerah. Salah satunya, dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

Untuk di Sulawesi Tenggara (Sultra), aksi penyemprotan disinfektan dilakukan Dompet Dhuafa dengan menyasar 11 titik yakni kawasan masjid, dan pesantren yang ada di Kota Kendari.

Pimpinan Dompet Dhuafa Sultra, Amaluddin, M.ST menjelaskan, dengan penyemprotan ratusan liter disinfektan di masjid dan pondok pesantren, diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran Corona.

Selain itu, penyemprotan disinfektan juga diharapkan bisa memberikan rasa aman dan menjauhkan dari kekhawatiran terpapar Corona, khususnya bagi para jamaah yang ingin beribadah di masjid tersebut.

“Kami berharap dengan langkah yang kami lakukan ini dapat memutus jaringan Covid-19, agar masyarakat tidak terpapar dengan adanya virus ini,” terang Amaluddin saat diwawancarai MEDIAKENDARI.com, Selasa 24 Maret 2020.

Petugas Dompet Dhuafa Sulawesi Tenggara mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) saat menyemprot kawasan luar dan masjid dan sejumlah pondok di Kota Kendari, Selasa 24 Maret 2020.

Adapun ke-11 titik lokasi yang menjadi sasaran penyemprotan disinfektan yakni Kantor Dompet Dhuafa Sultra, Masjid Raya Al-Kautsar Kendari, Masjid Jami’ al-Arif Mandonga, Masjid Arrafurrahim Kambu.

Selanjutnya di Pondok Pesantren Ummushabri, Masjid almuthmainnah, Islamic Center Mu’adz bin Jabal, masjid Al-Alam Kendari, Masjid Kuba, Pondok Pesantren Baron, Pondok Pesantren Al-AsQoriah, dan Masjid Prof.Yusuf Abadi.

“Kita mulai penyemprotan dari Kantor Dompet Dhuafa Sultra, setelah itu kita pindah ke lokasi yang sudah menjadi target lokasi penyemprotan,” terang Amaluddin.

Dompet Dhuafa Layani Permintaan Penyemprotan Disinfektan di Rumah Warga

Tidak hanya melakukan penyemprotan di Masjid dan Pondok Pesantresn, Dompet Duafa Sultra juga memberikan layanan penyemprotan disinfektan di rumah warga yang membutuhkan.

Amaluddin menjelaskan, gagasan ini merupakan implementasi satu dari lima visi Dompet Dhuafa yakni memberikan bantuan berupa layanan kesehatan bagi warga.

Petugas Dompet Dhuafa Sulawesi Tenggara mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) saat menyemprot toilet masjid dan pondok di Kota Kendari, Selasa 24 Maret 2020.

“Jika ada warga yang meminta penyemprotan di rumah-rumah, kami dengan senang hati akan membantu,” kata Amaluddin.

Untuk bisa mendapatkan layanan ini warga dipersilahkan mendaftarkan diri di Kantor Dompet Dhuafa Sultra di Jalan Dr. Sam Ratulangi No.74, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari.

Berdasarkan pantauan MEDIAKENDARI.com, proses penyemprotan dilakukan petugas yang ditugaskan khusus dan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) berupa mantel yang menutupi seluruh tubuh.

Penyemprotan dilakukan dengan menyasar luar hingga dalam masjid dan pondok, seperti toliet, tempat berwudhu, kawasan luar dan dalam pagar, lantai masjid, tiang, sound system serta perpustakaan dan lemari masjid.

You cannot copy content of this page