EKONOMI & BISNISHEADLINE NEWSKendariMETRO KOTANEWS

Dorong Industri Pengolahan Pangan, Pemkot Kendari Kukuhkan Pengurus IP3L

467
×

Dorong Industri Pengolahan Pangan, Pemkot Kendari Kukuhkan Pengurus IP3L

Sebarkan artikel ini
Plh Walikota Kendari, Nahwa Umar. Foto : Ist

Reporter : Hendrik B

Editor : Kang Upik

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengkukuhkan 22 orang pengurus Ikatan Pengrajin Produk Pangan Lokal (IP3L) di Ruangan Pola Kantor Walikota Kendari, Selasa (06/08/2019).

IP3L nantinya akan didorong untuk mengembangkan industri pengolahan pangan serta meningkatkan kesejahteraan pengrajin kaopi, yang menjadi bahan dasar pembuatan kasuami.

Plh Walikota Kendari, Nahwa Umar menjelaskan, pengukuhan ini merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan dan memperbaiki mutu pangan lokal sehingga masyarakat semakin cinta terhadap pangan lokal.

“Untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap pangan lokal, diperlukan adanya inovasi, dari tampilan dibuat menarik dan menciptakan rasa kekinian sehingga harga dapat bersaing,” jelasnya.

Nahwa juga menyebut, kaopi tidak hanya bisa diolah menjadi kasuami saja, akan tetepi bisa juga menjadi aneka makanan seperti kukis, muffin, cake, dan makanan kekinian lainnya.

BACA JUGA :

Dalam proses penjualan secara online maupun offline, kata Nahwa, Pemkot Kendari akan melibatkan mahasiswa KKN PPM Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Univeritas Halu Oleo (UHO).

Ia berharap, agar kerja sama antara Pemkot Kendari dan akademisi bisa terjalin. “Kami harapkan adalah berkembangnya industri pengelolahan pangan berbasis bahan baku lokal sebagai penggerak dalam pengembangan diversifikasi lapangan,” harapnya.

Salah seorang mahasiswa KKN PPM, Rio Bravo Malau mengatakan, omset yang didapatkan saat menjual produk olahan pangan, hasinya cukup lumayan. “Kami bisa meraut penghasilan dalam seminggu hingga Rp 3 juta,” singkatnya. (A)

You cannot copy content of this page