oleh

Dorong Peningkatan Inklusi Pasar Modal, BEI Gelar Kompetisi Yuk Nabung Saham

KENDARI – Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kembali meluncurkan Kompetisi Yuk Nabung Saham 2018.

Kompetisi ini adalah kelanjutan dari program yang telah dilaksanakan di tahun lalu untuk mendukung kampanye Yuk Nabung Saham yang telah dicanangkan BEI sejak 12 November 2015 lalu.

Peluncuran Kompetisi Yuk Nabung Saham 2018 juga dilakukan sebagai upaya untuk terus mengaktifkan investor dari 334 Galeri Investasi BEI serta memotivasi investor yang telah lulus dari program Sekolah Pasar Modal yang diadakan di seluruh wilayah Kantor Perwakilan BEI.

Kepala Divisi Komunikasi Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia, Oskar Herliansyah mengatakan, Kompetisi Yuk Nabung Saham 2018 ini diikuti oleh investor yang bertransaksi dengan dana milik masing-masing investor itu sendiri atau dana riil, dan bukan dana simulasi.

“Oleh karena itu kompetisi ini diharapkan dapat menstimulasi kegiatan edukasi yang disosialisasikan BEI sebelumnya yang berorientasi pada pengalaman nyata dalam bertransaksi saham, dan lebih jauh lagi akan merangsang peserta untuk mempraktikan kedisiplinan menabung saham,” ungkap Oskar melalui pres rilisnya, Jumat (02/03/2018).

Kata Oskar, pada tahun 2018 ini, Kompetisi Yuk Nabung Saham menargetkan sekurang-kurangnya akan melibatkan 4.000 investor yang aktif bertransaksi dari alumni Sekolah Pasar Modal dan sekurang-kurangnya 200 Galeri Investasi.

“Kompetisi ini juga akan mengoptimalkan promosi melalui media sosial peserta sehingga dapat tercipta euforia menabung saham yang tidak hanya akan meningkatkan jumlah investor, tetapi juga menambah jumlah investor aktif di BEI, serta mendorong peningkatan inklusi pasar modal,” ucapnya.

Mulai tahun ini, tambah Oskar, Kompetisi Yuk Nabung Saham 2018 diselenggarakan untuk dua kategori investor. Pertama, adalah investor kategori Galeri Investasi – wilayah Kantor Perwakilan, yakni investor yang berasal dari seluruh Galeri Investasi BEI. Kedua, adalah investor kategori Umum – Nasional, yakni investor alumni Sekolah Pasar Modal baik Reguler maupun Non Reguler dari seluruh Indonesia.

“Registrasi dari setiap peserta yang mengikuti Kompetisi Yuk Nabung Saham 2018 menggunakan akun Facebook atau Twitter pribadi. Setiap peserta secara rutin melaporkan transaksi sahamnya ke dalam aplikasi Kompetisi Yuk Nabung Saham,” ujarnya.

Sebagai informasi, program Kompetisi Yuk Nabung Saham 2017 berlangsung dari bulan Maret hingga November tahun lalu dan melibatkan 144 Galeri Investasi BEI, 3.558 investor dan 2.265 investor yang aktif bertransaksi. Nilai transaksi pada Kompetisi Yuk Nabung Saham 2017 mencapai Rp8,22 miliar dari 30.730 transaksi.

Reporter: Waty
Editor: Jubirman

Terkini