oleh

Dosen Keperawatan UHO Melakukan Deteksi Dini Faktor Risiko Diabetes Melitus di Wilayah Kerja Puskemas Mokoau

-NEWS-285 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dosen di lingkup Program Studi Keperawatan dan Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan serangkaian kegiatan dalam upaya pencegahan dan deteksi dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) khususnya Penyakit Diabetes Melitus (DM) di Wilayah Kerja Puskemas Mokoau Kota Kendari, pada Sabtu 15 Oktober 2022 bertempat di Halaman Puskesmas Mokoau.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran UHO, Haryati mengatakan rangkaian kegiatan tersebut dimulai pukul 07.00 sampai 12.00 WITA tersebut diawali dengan melakukan senam sehat pencegahan penyakit DM selama 30 menit.

“Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan tentang faktor risiko penyakit DM. Pemeriksaan kesehatan kemudian dilakukan untuk mengidentifikasi faktor risiko Penyakit DM meliputi pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan, dan Perhitungan Indeks Massa Tubuh, Pengukuran Lingkar Perut, Pengukuran Tekanan Darah, serta Pemeriksaan Kadar Gula Darah, Asam Urat, dan Kadar Kolesterol,” kata dia kepada awak mediakendari.com, Rabu (19/10/22).

Ketua Tim Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat Internal Fakultas Kedokteran UHO ini menyebut, kegiatan diikuti oleh 63 peserta baik yang belum maupun yang sudah terdiagnosis penyakit DM dari Kelurahan Padeleu dan sekitarnya.

“Selain itu, sejumlah dosen, mahasiswa, kader, dan petugas kesehatan dari Puskesmas Mokoau juga turut hadir dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut,” kata Haryati.

Reporter : Rahmat R.