NEWS

DP3A Konawe Selatan Gelar Rakor Penerapan PUG

320
×

DP3A Konawe Selatan Gelar Rakor Penerapan PUG

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Sekda Konawe Selatan, Sjarif Sajang Saat Membuka Kegiatan Dinas P3A. Foto: Ist.

 

Reporter: Erlin

KONAWE SELATAN – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi pelaksanaan Pelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di salah satu hotel Kota Kendari pada Selasa, 25 Mei 2021.

Rakor yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta seluruh stakeholder dalam penerapan PUG di wilayah Kabupaten Konawe Selatan dibuka Sekretaris Daerah (Sekda), Sjarif Sajang didampingi Kadis P3A, Yuliana dan dihadiri Wakil Ketua PKK Suharni Rasyid.

Sekda Sjarif Sajang menjelaskan, PUG adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia (rumah tangga, masyarakat dan negara).

Strategi diwujudkan melalui kebijakan dan program, jelasnya, yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki kedalam perencanaan, pelaksanaan, pemanntauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

Untuk itu, Sjarif berharap, nantinya rakor dan evaluasi PUG dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.”Dan seluruh stakeholder terkait dapat memahami apa itu PUG dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Sekda Sjarif.

Sementara Kepala DP3A Konsel, Yuliana dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan bertujuan meningkatkan dan memberikan informasi dan gambaran umum kepada peserta tentang penerapan PUG di wilayah masing-masing.

“Peserta berjumlah 50 orang terdiri dari perwakilan OPD, tokoh masyarakat, tokoh agama,PKK dan ormas se-Konsel,”tandasnya. (C)

You cannot copy content of this page