oleh

DPD LAT, PD HIPTI dan Tamalaki Patowonua Kolut Resmi Dilantik

-NEWS-254 dibaca

KOLAKA UTARA, MEDIAKENDARI.COM – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Adat Tolaki (LAT) Pengurus Daerah (PD) Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) dan Tamalaki Patowonua Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dilantik. Kegiatan ini berlangsung pada, Minggu (26/6/22) di Alun-Alun Kota Lasusua Kabupaten Kolaka Utara.

Ketua DPD LAT Kolaka Utara Mukhdar Landumaka dilantik langsung oleh ketua DPP LAT yakni H. Mashyur Masie Abunawas.

Selanjutnya, pengukuhan Ketua PD HIPTI Kolaka Utara Ansar Ahosa, langsung dilantik oleh Ketua PB HIPTI yaitu Rusmin Abdul Gani.

Terakhir adalah Ketua Tamalaki Patowonua Kolaka Utara Mansiral Usman yang lantik adalah Ketua DPD LAT Kolaka Utara.

Ketua panitia pelantikan dan pengukuhan DPD LAT, PD HIPTI dan Tamalaki Patowonua Kolut, Ansar Ahosa, mengatakan tiga agenda besar tersebut dilakukan secara bergantian.

Baca Juga : Tumbangkan Lokza FC 3-1, Neo Fusion FC Juarai Gubernur Cup 2022

“Ini merupakan pelantikan tiga lembaga internal khusus masyarakat Tolaki yang ada di bumi Patowonua, dan masing-masing pengurus yang telah dilantik itu akan menjabat selama lima tahun yakni untuk periode 2021-2026,” ungkapnya.

Ketua DPD LAT Kolut Mukhdar Landumaka, dalam sambutannya menerangkan, lembaga adat tolaki (LAT) merupakan salah satu lembaga adat yang memiliki maksud dan tujuan dalam penyelesaian masalah ketika ada yang menimpa masyarakat Tolaki khususnya terkait dengan adat istiadat.

Sementara itu Wakil Gubernur Sulawesi tenggara Dr. H. Lukman Abunawas dalam menuturkan, persatuan dalam menjaga lembaga adalah hal yang paling utama.

Baca Juga : Hari Kedua Ustadz Abdul Somad Isi Kajian di Kendari, Masyarakat Padati Masjid Al-Kautsar

“Selain itu tentu memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pemerintah untuk membangun daerah,”singkatnya.

Untuk diketahui, beberapa tokoh Tolaki se-Sultra yang hadir pada acara pelantikan tersebut seperti Dr. H. Lukman Abunawas (Wakil Gubernur Sultra), Mashyur Masie Abunawas (Ketua DPP LAT), Bisman Saranani (Sekjen DPP LAT), Rusmin Abdul Gani (PB HIPTI), Pak Bahrim (Ketua DPW PPP Sultra)

Serta wakil Bupati Kolaka Utara dan Forkopimda kabupaten Kolaka Utara, beberapa paguyuban, dan ribuan masyarakat yang hadir baik suku Tolaki maupun masyarakat turut hadir.

Reporter : Pendi
Editor : Rahmat R.

Facebook : Mediakendari

Terkini