HEADLINE NEWSKONAWE SELATANNEWSSULTRA

DPKP Konsel Target Bangun 210 RLH Tahun Ini

835
×

DPKP Konsel Target Bangun 210 RLH Tahun Ini

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab. Konsel Ainal Rauf. (Foto : Erlin/Mediakendari/B)

Reporter : Erlin

Editor : Kang Upi

ANDOOLO – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), mentargetkan bakal bangun 210 Rumah Layak Huni (RLH) di tahun anggaran 2019.

Kepala DPKP Ainal Rauf menjelaskan, RLH yang bakal dibangun tersebut diperuntukan bagi masyarakat Konsel yang belum memiliki rumah layak huni atau kurang mampu.

“Data penerima RLH sesuai usulan Desa, kemudian diverifikasi Dinas apakah layak atau tidak diberi bantuan,” jelas Ainal, saat di temui diruang kerjanya, Senin, (2/4/2019).

Ia juga menjelaskan, bantuan RLH tersebut akan disalurkan ke 25 Kecamatan di Konsel dengan jumlah jatah tiap Kecamatan 14 unit, dan selanjutnya disalurkan ke Desa sesuai verifikasi.

Mantan Kabag Pembangunan Setda Konsel juga menuturkan, pengerjaan RLH tahun ini ada beberapa kategori pembangunan, yakni rehap ringan, sedang dan berat.

“Kalau dari atap, lantai, dan dindingnya dinilai hanya salah satunya yang perlu dibenahi itu dikategorikan rehap ringan, dan untuk rehap sedang itu dari lantai, atap dan dinding diperbaiki,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk rehap berat, pengerjaannya mulai dari lantai, dinding, dan Atap dan jika belum memiliki sarana Water Close (WC), akan dibuatkan.

Baca Juga :

“Untuk Anggaran Rehap Ringan sebesar Rp 7, 5 juta, Rehap Sedang Rp 15 juta, dan Rehap Berat Rp 30 juta,” tambahnya.

Berdasarkan data DPKP Konsel, untuk pembangunan RLH tahun 2018, sebanyak 64 unit, untuk dua kategori berbeda. Untuk kategori bangun baru atau rehap berat sebanyak 56 unit RLH dan rehap ringan 6 unit. (A)

You cannot copy content of this page