oleh

DPMD Bombana Harapkan 2 Desa Persiapan Segera Definitif

-BOMBANA, SULTRA-16 dibaca

Reporter : Hasrun

Editor : Def

KASIPUTE – Realisasi pemekaran dua desa di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) diharapkan segera dimekarkan menjadi desa definitif. Demikian harapan ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bombana, Hasdin Hatta saat Berkunjung di Desa Persiapan Talabente, Rabu (6/2/2018).

Kata dia, desa persiapan itu seperti bayi yang masih harus dituntun untuk berjalan, dimana dalam hal ini harus menjadi tangungjawab Desa/Kelurahan induk asal dari desa persiapan tersebut.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hanya memonitor, apakah kegiatan di desa persiapan itu berjalan atau tidak. Kelurahan asal harus menjadi pembimbing dalam melakukan penataan di desa persiapan tersebut,” ucapnya kepada Mediakendari.com.

Baca Jugta : Patut Dicontoh, Pemdes dan Masyarakat Talabente Bangun Desa Secara Swadaya

Menurut Hasdin, desa persiapan menuju desa definiti, setiap tahunnya akan dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, dimana evaluasi ini dilakukan hingga waktu maksimal tiga tahun. Ketika desa persiapan itu tidak memenuhi syarat selama evaluasi, maka desa tersebut akan dikembalikan ke induknya.

“Teman-teman dari Biro Pemerintahan Pemprov akan segera melakukan evaluasi di desa persiapan, dalam surat dituliskan mereka akan mengevaluasi dokumen-dokumen tentang mekarnya sebuah desa, tapal batas status lahan, potensi wilayah perangkat-perangkat, termasuk SK kepala desa ketika dia diangkat,”terangnya.

Ditambahkan, untuk di Bombana ada dua Desa yang diusulkan, dimana kedua desa tersebut disuruh menyiapkan segala kebutuhan yang harus dilakukan menuju desa yang definitif. Diantaranya penegasan batas desa, pembenahan administrasi, pembenahan data kependudukan, dan lain-lain yang sesuai dibutuhkan Desa.

Dirinya berharap, dari dua desa persiapan itu yakni Desa Talabente dan Desa Gambere dapat segera dinyatakan sebagai desa definitif.

“Saya berharap dua desa ini agar definitif tidak sampai tiga tahun. Kalau perlu jangan sampai satu tahun dan setelah mekar ada pergerakan ekonomi yang signifikan di kedua Desa itu,” pungkasnya.(b)


Terkini