NEWS

DPRD Konawe Selatan Sahkan H Surunuddin Dangga – Rasyid Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

343
×

DPRD Konawe Selatan Sahkan H Surunuddin Dangga – Rasyid Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Sebarkan artikel ini
Suasana Rapat Patipurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Irham Kalenggo, didampingi Wakil Ketua I Armal, Wakil Ketua II Hj Hasnawati.

 

Reporter : Erlin

KONAWE SELATAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Selatan (Konsel) mensahkan pasangan H Surunuddin Dangga – Rasyid sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Pengesahan dilakukan melalui rapat paripurna pengumuman pengesahan penetapan Bupati dan Wabup Konsel terpilih periode 2021 – 2026 di Aula Paripurna DPRD Konsel, Selasa, 23 Maret 2021.

Paripurna digelar usai DPRD Konsel menerima berita acara penetapan pasangan H Surunuddin Dangga – Rasyid sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pemilu 2020, dari KPU Konsel.

Rapat paripurna ini sendiri dipimpin Ketua DPRD Irham Kalenggo, didampingi Wakil Ketua I Armal, Wakil Ketua II Hj Hasnawati, dan dihadiri Pj Bupati Dra Andi Tenri Rawe Silondae MM.

Paripurna ini juga dihadiri pasangan Surunuddin Dangga – Rasyid yang dikenal dengan akronim SUARA JILID II, yang dinyatakan memenangkan Pilkada dengan 75.985 suara dalam Pilada serentak tahun 2020.

Ketua DPRD Irham Kalenggo, saat memimpin rapat menyampaikan, Dewan telah mengesahkan pasangan H Surunuddin Dangga – Rasyid sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih Konawe Selatan.

Irham mengungkapkan, pengesahan dilaksanakan dengan memperhatikan SE Mendagri No SE.120/2033/OTDA tanggal 22 Maret 2017 tentang pengesahan, pengangkatan dan pemberhentian gubernur wagub, bupati wabup, walikota dan wakil walikota.

Selain itu, juga memperhatikan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), berita acara dan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel tentang penetapan paslon terpilih hasil Pilkada serentak tahun 2020.

“Dewan memutuskan dan menetapkan H Surunuddin Dangga dan Rasyid sebagai calon bupati dan calon wabup terpilih hasil penetapan KPU Konsel pada pemilihan tahun 2020,” papar Irham Kalenggo.

Selanjutnya, kata Irham, akan diusulkan pengangkatannya kepada Mendagri melalui Gubernur Sulawesi Tenggara untuk diproses sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dikesempatan tersebut, Politisi Golkar ini juga menyampaikan selamat kepada Surunuddin Dangga – Rasyid sebagai paslon kepala daerah yang terpilih dalam Pilkada tahun 2020.

“Berterima kasih kepada paslon Muh Endang – Wahyu Ade Pratama dan Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae yang telah mewarnai demokrasi, serta stakeholder dan lapisan masyarakat sehingga Pilkada berjalan lancar, aman dan damai,” jelas Irham.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Andi Tenri Rawe Silondae meminta, dengan adanya putusan MK dan penetapan KPU serta pengesahan DPRD, seluruh masyarakat harus menerima dan bersama-sama membangun daerah.

“Apresiasi kepada dewan karena telah melakukan percepatan rapat paripurna pengesahan paslon terpilih. Selamat kepada Paslon terpilih SUARA semoga amanah,” tutup Andi Tenri Rawe Silondae.

Dikesempatan yang sama, Bupati terpilih Surunuddin didampingi Wakil Bupati Rasyid turut menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu, Kejari, Kepolisian, partai penggusung dan seluruh unsur forkompinda atas dukungan dalam perhelatan pemilihan.

“Terkhusus juga kepada KPU dan jajaran yg telah menyelenggarakan pesta demoktasi dengan baik dan lancar. Dan apresiasi kepada pimpinan DPRD yang telah merespon begitu cepat sehingga paripurna pengesahan dapat terlaksana,” jelasnya.

“Permohonan maaf kepada seluruh elemen jika selama berkompetisi terjadi hal yang tidak diinginkan. Hal itu sebagai bagian dari dinamika pesta demokrasi. Sesungguhnya kita semua bersaudara,” tambahnya.

Untuk diketahui, Keputusan DPRD Konsel dituangkan dengan Nomor 04/DPRD/2021, tentang pengumuman pengesahan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih sesuai penetapan KPU Konsel.

Pengesahan ini turut dihadiri Sekda Konsel Ir H Sjarif Sajang, Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo, Kajari Dr Aprilliana Purba, KPU, BAWASLU, Unsur Forkopimda, serta pimpinan OPD dan Kepala Bagian lingkup Pemda Konsel. / B

You cannot copy content of this page