oleh

DPRD Kota Kendari Studi Banding ke Dewan Konawe Selatan

 

Reporter: Erlin

KONAWE SELATAN – Anggota Komisi III DPRD Kota Kendari melakukan studi banding ke DPRD Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), untuk mempelajari pencapaian dan peningkatan infrastruktur jalan di Kabupaten Konsel.

Dalam kunkernya ini, dewan Kota Kendari yang berjumlah tujuh orang ini dipimpin Wakil Ketua Komisi III Hetty
Purnawati Saranani.

Tim dewan Kota Kendari diterima Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo didampingi Wakil Ketua II Hj. Hasnawati beserta anggota DPRD lainnya, di Aula Rapat DPRD Konsel. Selasa 9 Februari 2021.

Hetty menjelaskan studi banding dilakukan untuk membahas APBD Konsel, dan pencapaian peningkatan infrastruktur jalan di Konsel.

“Saya bersama rombongan bertujuan untuk melakukan studi banding tentang APBD Konsel, serta ingin mengetahui lebih lanjut fungsi DPRD mengenai Perda dan Perbub,” kata Hetty.

Atas agenda ini, Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo mengungkapkan, bahwa pembangunan di Konsel, seperti Kantor Bupati Konsel, Jalan, Jembatan penghubung, Puskesmas, dan Kantor Camat.

“Jalan yang dilalui dari Kota Kendari menuju ke Konsel merupakan jalan provinsi, sehingga tanggungjawab perbaikan ada di Pemerintah Provinsi Sultra,” terang Irham.

Sementara itu untuk APBD, Irham memaparkan jika APBD di Konsel mengalami defisit, seperti halnya kondisi yang sama dialami Kota Kendari.

“Dalam hal pendapatan juga kota dan kabupaten itu berbeda, di daerah kami banyak didiami petani dan nelayan, selebih nya kami mengandalkan pasar dan investor-investor lainnya,” ujarnya.

Selanjutnya untuk Perda, papar Irham, pihaknya kini tengah membahas sejumlah Perda diantaranya tentang sarang burung walet.

“Sosialisasi Perda penting sebagai konsultasi publik secara berskala, kami juga rutin melakukan kunjungan ke desa untuk melihat langsung ke lapangan,” pungkasnya. /C

Terkini