oleh

Dua Kursi JTP Pratama di Bombana Mulai Dilelang, Setingkat Kabid Bisa Daftar

 

Reporter : Hasrun

BOMBANA – Dua kursi pimpinan Jabatan Tinggi Pratama (JTP) yaitu jabatan Kepala Dinas Pertanian dan Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dilelang mulai 12 Juli 2021.

Pelelangan JTP di wilayah itu sesuai dengan surat pengumuman nomor 04/JPTP/Kab. Bombana/2021 tanggal 12 Juli 2021dan ditanda tangani langsung oleh Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Man Arfa.

“Dalam lelang jabatan tinggi pratama kali ini, pejabat yang melamar lebih longgar. Sebelumnya pejabat yang bisa melamar hanya yang telah menduduki posisi eselon IIIa selama dua tahun, yang diisi oleh para kepala bagian (Kabag), sekretaris dinas (Sekdis) dan camat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana, Man Arfa, Senin 12 Juli 2021.

Man Arfa mengaku lelang kali ini bisa diikuti oleh eselon IIIb atau pejabat setingkat Kabid dengan masa jabatan paling singkat selama 3 tahun terakhir.

Sementara itu, dalam rilis yang diterima Mediakendari.com dari Kominfo Bombana, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bombana, Alimin mengatakan lelang JTP ini dilakukan setelah Pemerintah Kabupaten Bombana mengantongi rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) nomor B-2172/KASN/6/2021 tanggal 23 Juni 2021.

“Jadi lelang JPT Pratama ini diumumkan untuk umum dan terbuka bagi ASN yang layak,” kata Alimin.

Ia juga menjelaskan, pendaftaran dan penerimaan berkas sesuai timeline dimulai tanggal 12 Juli hingga 23 Juli 2021. Kemudian seleksi administrasi dilaksanakan tanggal 26 Juli hingga 29 Juli 2021.

Mantan Kasat Pol PP Bombana ini menerangkan assessment kompetensi akan dilaksanakan tanggal 09 Agustus – 12 Agustus 2021, pembuatan makalah tanggal 16 Agustus 2021. Kemudian uji gagasan (presentase/paparan dan wawancara) dilaksanakan tanggal 19 Agustus 2021.

“Jadi berbagai tahapan yang akan dilewati oleh asesi atau peserta asesmen, mulai dari seleksi administrasi, tes kompetensi melalui assessment centre, penulisan makalah dan penelusuran rekam jejak jabatan serta wawancara dengan pansel,” pungkasnya. (b).

Terkini