Dua Nelayan Yang Hilang, Ditemukan Selamat

NEWS930 dibaca

Kolaka Utara – Dua nelayan asal desa kalu kaluku kecamatan Kodeoha kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra) yang sempat dinyatakan hilang beberapa hari lalu ditemukan dalam keadaan selamat.

Mereka dikabarkan hilang saat memancing dilaut pada hari Senin 19/12/2022. Nursing yang ditemukan selamat menuturkan sempat berusaha menghubungi istrinya setelah terombang ambing di laut sejak hari Selasa 20/12/2022. Perahu yang mereka gunakan mengalami kerusakan mesin akibat patah.

“Iya, kami mengalami kerusakan mesin pada hari Selasa. Saya telepon tapi hp lowbat jadi kami hanya tinggal di perahu sambil berusaha mencari pertolongan dari nelayan terdekat,”tuturnya

Untuk bertahan hidup, mereka memakan cumi hasil pancing.

“Nanti hari Rabu 21/12/2022 sekira jam 12.00 kami melihat ada kapal nelayan yang dekat dari kami,saya langsung memanggil dan memberi kode setelah itu nelayan tersebut mendekati kami dan langsung minta tolong untuk dibantu naik ke darat,” kisahnya

Nelayan ini diselamatkan oleh Herun dan 5 orang temannya nelayan asal bau – bau (Sultra) yang berangkat melaut dari Bajoe (Sulsel). Korban terlihat saat mereka menaikkan alat tangkap ikan .

“Kami melihat ada nelayan memanggil- manggil, yang awalnya dianggap hanya nelayan yang sementara memancing.

“Begitu kami mendekati ternyata nelayan tersebut minta tolong karena perahunya mengalami kerusakan mesin sekitar dua hari yang lalu, sehingga kami pun langsung menolongnya,” jelas Herun.

Poses pencaharian selama dua hari ini melibatkan tim SAR Kolaka, BPBD Kolaka Utara, dan beberapa kapal milik warga dan saat ini kedua nelayan tersebut sudah di evakuasi ke tempat tinggal masing-masing.

Reporter : Pendi