NEWS

Dukung Digitalisasi Pembangunan Daerah, Bidang Retribusi Bapenda Sultra Dorong Pembayaran Retribusi Secara Digital

429
×

Dukung Digitalisasi Pembangunan Daerah, Bidang Retribusi Bapenda Sultra Dorong Pembayaran Retribusi Secara Digital

Sebarkan artikel ini

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Badan Retribusi Dinas Pendapatan Daerah (Dinspenda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung program digitalisasi pembangunan daerah, termasuk diantaranya dalam hal pembayaran retribusi.

Kepala Seksi Retribusi Bapenda Sultra, Basyarah menjelaskan, dalam mendukung program digitalisasi pembangunan daerah, kedepan pembayaran retribusi bisa dilakukan secara digital, rencana ini masih dalam pembahasan dengan pihak terkait.

”Pimpinan kami di Dispenda yang juga menjadi bagian dari Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) masih terus berkoordinasi, salah satunya dengan Bank Indonesia untuk mewujudkan hal ini,” kata Basyarah, ditemui disela uji petik di Pusat Perbelanjaan Lippo Plaza Kendari, Jumat 26 Mei 2023 lalu.

Menurutnya, jika rencana ini bisa terwujud maka akan membudahkan masyarakat dalam pembayaran retribusi, yang tidak lagi dilakukan dengan cara manual tapi sudah menggunakan peralatan digital.

”Dengan digitalisasi ini akan bisa meminimalisir kerugian negara yang mungkin terjadi dalam pengelolaan retribusi ini,” terang Basyarah.

Selain itu, dengan program digitalisasi ini maka pengelolaan retribusi ini juga bisa lebih transparan, sehingga publik bisa mengetahui secara jelas apa item-item retribusi dan berapa pembayarannya, dan bagaimana membayarnya.

”Kami selama ini selalu berkomitmen untuk bersikap transparan, termasuk diantaranya mempublikasi semua kegiatan kami, serta mensosialisasi besaran tarif secara terbuka ini semua demi mendukung pembangunan daerah,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page