NEWS

Dukung Pelaku Usaha Dan UMKM, ini Strategi Pemkab Konsel

478
Bupati Surunuddin Dangga saat membuka kegiatan temu bisnis.

KONAWE SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Konawe Selatan (Konsel) punya strategi dalam peningkatan pelaku Usaha (Besar) maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya mendorong usaha Produktif yang lebih cepat.

Strategi itu disampaikan Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, usai membuka kegiatan temu bisnis yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Konsel. Bertempat di auditorium kantor Bupati Konsel, Senin,13 Juni 2022.

Kata dia, untuk mendukung strategi tersebut, Pemda Konsel berupaya memperbaiki semua sektor, hal itu guna mempermuda pasar. Salah satunya adalah infrastruktur.

Baca Juga : Setiap Tahun Pemda Konawe Alami Kemajuan dari Semua Sektor 

” Infrastruktur yang dimaksud bukan saja akses jalan, namun juga akses perizinan internet dan lainya, perbaikan itu untuk mempermudah pasar dalam melakukan transaksi,” ungkap Surunuddin.

Peningkatan inilah kata Surunuddin yang nantinya akan dimanfaatkan oleh para entrepreneur dalam melakukan pemasaran prodaknya.

Surunuddin mengaku, langkah-langkah pemda dalam mendorong UMKM di Konsel dalam peningkatan produksi tersebut tentunya harus dibarengi dengan tersedianya pasar

Baca Juga : Sekian Lama Nonjob, Efendi Patulak Dilantik Jadi Kepala Dinas Sosial Sultra

” Usaha produktif saat ini yang lebih menonjol di Konsel salahsatunya adalah usaha pertanian, UMKM, prodak rumahan,” terang orang nomor satu di Konsel ini.

Sementara itu, Kepala DPM-PTSP Konsel, I Putu Darta mengatakan, agenda temu bisnis hari ini belum pada aspek jual beli. Melainkan bertujuan untuk mempertemukan para pelaku usaha besar maupun UMKM.

” Dengan pengenalan hari ini para pelaku usaha bisa saling tukar prodak maupun nomor telpon,” ucap Plt Dispora Konsel ini.

Putu Darta, mengaku UMKM itu bisa tumbuh bila ada pasar dan kolaborasi, sebab menurutnya kalau keduanya tidak difasilitasi tentunya hal itu akan sulit berkembang.

Baca Juga : Tanggapi Konawe 7 Kali WTP, Bupati Kery : Ini Kerja Kolektif Segenap Pegawai Pemkab Konawe

“Jadi hari ini, kesempatan kita mengenalkan produk-produk lokal unggulan Konsel,” terang Putu.

Dikatakannya, beberapa prodak yang menjadi andalan Pemda Konsel yang saat ini tengah mempersiapan ekspor luar negeri. Salah satunya Kopi Tolaki, Jahe Meohawe, dan Kripik Pisang.

” Produk-produk inilah yang perlu kita dukung, dalam melakukan promosi,” tutupnya.

Temu bisnis ini juga dihadiri, oleh PJ Sekda Konsel Hj St. Chadidjah, Asisten II Sahlul, para kepala OPD terkait dan 120 peserta pelaku usaha maupun UMKM di Konsel.

Penulis : Erlin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version