Iklan PDI-P

Ajak Warga Tanam Sayur Organik di Pekarangan, Distan Kota Kendari Siap Bantu Bibit

KENDARI – Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari tengah mengalakkan pertanian organik. Melalui program ini masyarakat didorong untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun sayuran organik.

Iklan PT Luwu

“Jadi saat ini kita upayakan setiap kelurahan di Kota Kendari ada demplot sayur-sayuran organik. Karena ini perintah langsung dari Plt Walikota supaya masyarakat Kota Kendari memanfaatkan pekarangan rumahnya menanam sayur-sayuran organik,” papar Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Sitii Ganef, Rabu (12/12/2018).

Menurutnya, pengembangan penanaman sayuran organik sangat baik bagi kesehatan. Karena pertanian organik adalah sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis.

Kata Ganef, untuk di Kota Kendari sendiri sejumlah hotel sudah mengorder sayuran yang dikembangkan warga secara hidroponik.

“Akan diberikan bantuan bibit sayuran agar bisa menumbuh kembangkan Kelompok Wanita Tani (KWT) di setiap kelurahan yang ada di Kota Kendari,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk mendukung pemanfaatan pekarangan rumah sebagai kebun sayuran organik, pihaknya akan memberikan bantuan rumah bibit di setiap KWT untuk 10 kecamatan.

“Untuk saat ini pemberian rumah bibit di setiap KWT untuk 10 kecamatan yang ada di Kota Kendari,” kata Ganef.

Selain itu, Dinas Pertanian Kota Kendari rencananya akan menyelenggaraan Festival Sayuran Organik di Taman Kota Kendari (Tamkot).

“Karena Plt Walikota mengintrusikan agar nantinya ada Gerai sayuran organik di tamkot,” tutupnya. (a)

Reporter: Ruslan

Iklan Lapas konawe

Iklan Damri
error: Content is protected !!