Ilustrasi

DKP Konut Latih Warga Olah Hasil Laut Jadi Bakso dan Nugget

Reporter : Mumu

Editor : Kang Upi

WANGGUDU – Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki hasil laut yang melimpah sehingga keberadaan kekayaan alam itu harus dimanfaatkan demi peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Atas gagasan itu, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konut membangun kreativitas dan inovasi masyarakat di bidang perikanan dengan melakukan pelatihan mengolah hasil laut, agar bisa bersaing di pasaran.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran (P2HP) DKP Konut, Tomi Hendra mengatakan, belum lama instansinya melakukan pelatihan cara mengolah hasil laut jenis ikan menjadi bakso dan nugget di Kecamatan Lasolo untuk ibu-ibu warga Desa Muara Tinobu, Basule dan Kelurahan Tinobu .

“Bulan Agustus kemarin kita memberikan pembinaan dan pelatihan serta pendampingan khusus dari tim bagaimana cara mengolah makanan supaya lebih menarik dan enak,” katanya, Minggu (8/9/2019).

Menurut Tomi, sasaran utama dalam pelatihan tersebut diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang memiliki skill dan kreatif sehingga dapat dikembangkan menjadi peluang usaha dan tak hanya dikonsumsi pribadi.

“Kami dari DKP juga telah memberikan pelatihan pembuatan kripik ikan teri dan telah dipasarkan sampai ke luar daerah,” ujarnya. /B

error: Content is protected !!