Kasi Intel Kejari Baubau, Ruslan

Kejari Baubau Terima Bantuan Mobil Operasional dari Kejagung

Reporter: Ardilan

Editor : Indi

BAUBAU – Kejaksaan Negeri Kota Baubau Sulawesi Tenggara mendapat bantuan berupa mobil operasional dari Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia. Mobil operasional tersebut nantinya akan dipakai oleh Jaksa untuk memberikan penyuluhan hukum didaerah itu.

Kasi Intel Kejari Baubau, Ruslan mengatakan bantuan dari Kejagung tersebut diberikan melalui Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra yang kemudian diteruskan ke Kejari Baubau.

“Kejari Baubau dapat satu unit mobil penyuluhan hukum supaya kita dapat mengoptimalkan program pembinaan masyarakat taat hukum melalui penyuluhan-penyuluhan hukum,” ucap Ruslan kepada Mediakendari.com ditemui diruang kerjanya, Jum’at (7/12/2018).

Dengan mobil itu, kata dia, pihaknya akan menyasar lokasi-lokasi dipelosok yang ada didaerah eks pusat Kesultanan Buton itu yang dianggap belum tersentuh oleh pemahaman mengenai hukum. Didalam mobil operasional itu sudah dilengkapi sejumlah fasilitas untuk membantu jaksa dalam memberikan penyuluhan seperti genset, komputer serta layar proyektor dan dilengkapi data-data base tentang penyuluhan hukum.

“Supaya daerah-daerah terpencil yang terkadang belum ada listrik itu bukan menjadi hambatan bagi penegak hukum dengan visualisasi-visualisasi materi hukum yang diberikan,” jelasnya.

Terkait pengoperasian mobil itu, dia menjelaskan, akan dilakukan secara berkala sebulan sekali. Mobil itu rencana akan mulai dipakai tahun 2019 nanti. Jika sebelumnya pihaknya hanya mampu melakukan kegiatan penyuluhan hukum empat kali setahun, dengan adanya mobil ini, Ruslan optimis dapat melakukan penyuluhan hukum secara maksimal lebih dari sebelumnya.

“Nanti akan dilaksanakan dilokasi berbeda-beda. Jadi sistemnya nanti mobile dan tidak akan ada lagi hambatan karena dalam memberikan penyuluhan ke masyarakat itu dengan adanya fasilitas visual yang ada ini akan cepat mereka memahami,” bebernya.

Ia menambahkan, program penyuluhan hukum merupakan salah satu program dari Kejagung. Program itu sudah ada sejak berdirinya Kejaksaan di Indonesia.

“Salah satu tugas pokok Kejaksaan itu memberikan program pembinaan masyarakat taat hukum,” pungkasnya. (A)

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: