oleh

Empat Kecamatan di Konut Terisolasi Banjir, Bantuan Dikirim Menggunakan Helikopter BNPB

Reporter : Mumun

Editor : Kang Upi

WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan logistik ke empat Kecamatan menggunakan helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

Penyaluran logistik dilakukan via udara karena ke empat wilayah Kecamatan tersebut yakni Oheo, Landawe, Wiwirano dan Langgikima terisolasi akibat banjir.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Konut Djasmiddin mengatakan, logistik yang dikirimkan adalah bahan makanan pokok dan air mineral, yang keberadaanya dibutuhkan pengungsi.

“Penyaluran logistik ke empat Kecamatan ini menggunakan helikopter milik BNPB. Logistik yang diantar itu, berupa air mineral, beras. Di sana sudah ada titik tempat diturunkannya,” katanya, Senin (10/6/2019).

Djasmiddin menjelaskan, empat Kecamatan tersebut terisolir karena putusnya akses jalur darat menuju wilayah tersebut. Titik jalan yang putus untuk rute tersebut seperti, jembatan Asera di Kelurahan Asera, dan di Desa Horoe Kecamatan Oheo.

“Kemudian di Sambandete itu tidak bisa dilalui karena ketinggian air di jalan, habis itu di Desa Polora Indah Kecamatan Langgikima,” ujarnya.

Djasmiddin juga menambahkan, untuk kondisi banjir di wilayah Kecamatan Andowia saat ini air sudah mulai menyuut, seiring dengan mulai surutnya ketinggian air di Sungai Anggomate.

“Kalau di Kecamatan Asera itu belum surut airnya, karena Sungai Lasolo itu tidak langsung surut meski hari ini sudah tidak hujan,” tutup Djasmiddin. (A)

Terkini