oleh

Enam Prioritas Pembangunan Kabupaten Konawe Tahun 2022

-NEWS-144 dibaca

 

Reporter: Andis

KONAWE – Terdapat enam prioritas pembangunan Kabupaten Konawe untuk tahun 2022. Hal ini terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Konawe yang digelar di salah satu hotel Kecamatan Unaaha pada Rabu, 7 April 2021.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menjelaskan, enam prioritas pembangunan di wilayahnya, yakni pemerataan layanan dasar dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kedua, mendorong peningkatan produksi pertanian dalam arti luas melalui stimulan saprodi, mekanisasi usaha pertanian dan intensifikasi penyuluhan bagi para petani, peternak dan nelayan.

Ketiga, mendorong terbukanya kawasan industri baru untuk meningkatkan investasi dan terbukanya lapangan pekerjaan.

“Kemudian selanjutnya, meningkatkan kapasitas infrastruktur dalam rangka memperkuat kesiapsiagaan menghadapi bencana,” kata Kery dalam sambutannya.

Kelima, peningkatan kapasitas kelembagaan organisasi perangkat daerah (OPD) dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Terakhir, meningkatkan sarana dan prasarana pengelolaan lingkungan dan mendorong peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menambahkan, kegiatan musrenbang tingkat kabupaten memiliki posisi strategis dalam membangun konsensus bersama untuk menghasilkan program pembangunan yang merata.

“Untuk mengangkat kualitas hidup orang banyak, kita terus mendorong kawasan industri di Morosi dan Routa sebagai penyangga proyek strategis nasional (PSN). Dan membuka lapangan kerja bagi semua masyarakat Sultra. Saya juga pastikan, Konawe memiliki peran dalam memenuhi pangan Sultra maupun nasional,” jelasnya.

Menurutnya, menjalankan roda pemerintahan bukan sekedar hanya persoalan pembangunan infrastrukturnya saja. Namun harus juga mengembangkan wilayahnya dengan berbagai potensi yang ada agar dapat meningkatkan sumber pendapatan daerah.

“Jadi Mari kita berbangga dengan potensi-potensi yang di daerah kita ini yang bisa kita manfaatkan sebagai PAD dan juga kesejahteraan masyarakat kita,” ajaknya.

Ia mengungkap, dalam waktu dekat akan ada tambahan pembangunan lain seperti perhotelan di Konawe.

“Saya sudah bertemu dengan para investor agar bisa secepatnya merealisasikan pembangunan itu,” akunya.

Bupati Kery berharap, dengan adanya musrenbang tersebut dapat menambah kualitas Konawe dari segi pembangunan dan pemanfaatan potensi yang ada sebagi sumber PAD untuk mensejahterakan masyarakat.

“Saya harap dalam agenda ini kita lebih pro ke masyarakat, bagaimana kita jadikan masyarakat aman dan sejahtera,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir pula Ketua DPRD Konawe Ardin, Sekda Konawe Ferdinan Sapan, sejumlah anggota Dewan, dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Konawe. Diundang pula Kepala Perum Bulog Divre Sultra Armin Tora, Kajari Konawe Irwanuddin Tadjuddin, Kapolres Konawe Yudi Kristanto, Kepala PN Unaaha Febrian Ali, serta dari unsur Pimpinan TNI. (B)/ADV

Terkini