KONAWE UTARASULTRA

Evaluasi RAPBD 2019 Konut Tuntas Pekan ini

353
×

Evaluasi RAPBD 2019 Konut Tuntas Pekan ini

Sebarkan artikel ini
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Konawe Utara, Marthen Minggu.
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Konawe Utara, Marthen Minggu.

Reporter: Mumun

Editor: Deff

WANGGUDU – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) saat ini tengah dievaluasi Pemerintah Provinsi (Pemperov) Sulawesi Tenggara (Sultra), dan dipastikan akan tuntas pada pekan ini.

Kepastian ini diungkapkan, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konut, Marthen Minggu. Kata dia, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemprov Sultra terkait evaluasi RAPBD tahun 2019 dan hasilnya, evaluasi diperkirakan bakal selesai pekan ini. Lambatnya proses tersebut disebabkan dalam evaluasi ada beberapa syarat yang harus disinkronkan.

“Dalam evaluasi itu ada syarat yang disinkronkan, dintaranya, RAPBD itu sendiri, LKPD dan RPJMD nya itu dilihat bagaimana sinkronisasi terkait program dan kegiatan. Diusahakan minggu ini selesai evaluasi, dan setelah itu pasti ada rekomendasi dimana rekomendasi itu paling lama satu dua hari kedepan baru kita tetapkan,” katanya, Selasa (18/12/2018).

Mantan Kepala Inpektorat Konut ini mengungkapkan, jika besaran APBD tahun 2019 mengalami peningkatan dari tahun 2018 ini, yakni sekitar Rp100 miliar lebih.

“Dimana pada 2018 ini besarannya sekitar Rp730 miliar lebih, sementara 2019 naik menjadi Rp872 miliar lebih. Penambahan ini sumbernya dari bagi hasil, Dana Alokasi Umum (DAU) juga meningkat, DAK, kemudian PAD kita juga meningkat,” ujarnya.(B)

You cannot copy content of this page