NEWS

Event Wisata Wakatobi Wave dan Festival Kande-Kandea Masuk Kalender Nasional

591
×

Event Wisata Wakatobi Wave dan Festival Kande-Kandea Masuk Kalender Nasional

Sebarkan artikel ini
Dua event wisata di Sultra masuk kalender nasional

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dua event wisata di Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk dalam kalender wisata nasional yang peluncurannya digelar di Plaza Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (28 Januari 2023). Menteri Pariwisata dan Ekraf Sandiaga Uno membuka acara tersebut dengan didampingi sejumlah pejabat kementerian.

Kegiatan yang dikemas dengan nama Karisma Event Nusantara 2023 dan Sport, Music, & Creative Event Calender (SPORTIVE) Festival ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra Belli Tombili bersama dengan kepala dinas pariwisata provinsi se-Indonesia dan perwakilan kabupaten/kota se-Indonesia yang daerahnya menjadi penyelenggara event terpilih.

Dua event yang berhasil masuk dalam kalender nasional tersebut yakni Wakatobi Wave yang dilaksanakan oleh Kabupaten Wakatobi dan Festival Kande-Kandea Tolandona yang dilaksanakan Kabupaten Buton Tengah.

“Penentuan dua event wisata dari Sultra masuk dalam kalender nasional dimulai sejak tahun lalu. Proses seleksinya diawali dengan meminta setiap daerah mengusulkan event-nya, lalu menjalani kurasi dari panitia pusat,” jelas Kadis Pariwisata Sultra Belli Tombili.

Dijelaskan, Sultra mengusulkan sebanyak 10 event wisata. Setelah dilakukan kurasi dan penilaian yang cukup panjang, panitia KEN 2023 hanya menetapkan dua event tersebut. Oleh karena itu, tambah Belli, ini tantangan bagi seluruh kabupaten/kota di Sultra untuk dapat membuat event yang bisa masuk dalam kalender wisata nasional.

Sekadar diketahui, Karisma Event Nusantara (KEN) sebagai salah satu program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung dan mengembangkan event-event di seluruh Indonesia, dan telah sukses terselenggara sejak tahun 2021.

Pada tahun 2022, KEN dinilai telah memberikan dampak signifikan bagi pergerakan wisatawan nunsantara, peningkatan ekonomi, dan kebangkitan sektor lapangan kerja.

Pada tahun 2023 ini, dalam rangka melanjutkan kesuksesan tersebut, Kemenparekraf akan meluncurkan KEN 2023 dan Sport, Music, dan Creative Event Calender (SPORTIVE) yang bertujuan untuk mempromosikan event-event unggulan di Indonesia, sekaligus mendukung Program Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI).

Event Wakatobi Wave dan Fedtival Kande-Kandea sendiri telah masuk dalam kalender event nasional sejak tahun 2022 silam. Kegiatan yang masuk dalam KEN akan mendapat dukungan dari Kemenparekraf dalam pelaksanaannya.

Reporter : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page