oleh

Fakultas Syariah IAIN Punya Badan Pembinaan Tilawatil Qur’an

Reporter: Taswin Tahang
Editor: La Ode Adnan Irham

KENDARI – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Faizah Binti Awad meresmikan Badan Pembinaan Tilawatil Qur’an (BPTQ) Fakultas Syari’ah, di Aula Perpustakaan, Senin (23/12/2019) dan dihadiri Dekan Fakultas Syari’ah, jajaran pimpinan, dosen, pegawai dan mahasiswa.

Rektor IAIN Kendari, Faizah Binti Awad menjelaskan pendirian BPTQ adalah langkah positif sesuai target IAIN yakni mendekatkan mahasiswa kepada Alqur’an, mengingat Alqur’an sumber pengetahuan dan solusi atas segala permasalahan di dunia.

“Alquran adalah bacaan mulia dan menenangkan hati. Alqur’an memberikan kita petunjuk bagaimana bersikap dan melakukan interaksi sosial. Untuk itu, wadah BPTQ sangat dibutuhkan dalam rangka menjembatani mahasiswa menekuni ilmu Alquran,” jelasnya.

Guru Besar Bidang Bimbingan Konseling jebolan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar ini juga berharap, kegiatan pembinaan dapat menjadi program unggulan Fakultas Syari’ah yang kelak akan melahirkan calon ahli hukum yang mencintai Alqur’an.

“Semoga launching ini tidak sekedar Seremony, tetapi mesti kelihatan progressnya minimal dalam enam bulan ke depan,” pesan Faizah Binti Awad kepada seluruh tamu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua BPTQ Fakultas Syari’ah, Dr Muh Hadi MHI mengatakan, BPTQ didirikan dengan tujuan menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan talenta pada bidang seni membaca dan menulis Qur’an, seperti Tilawatil Qur’an, Syarhil Qur’an, Tahfizh Qur’an, Qiraatul kutub, dan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an

BACA JUGA :

“Selain pada bidang seni, BPTQ akan menjadi wadah bagi pengembangan ilmu tajwid Alqur’an bagi mahasiswa, sebagaimana yang menjadi prasarat kelulusan mahasiswa di IAIN Kendari. Terutama dalam mengikuti ujian komprehensif pada akhir masa studi,” jelasnya.

Untuk diketahui Ketua BPTQ Fakultas Syari’ah, dalam penggembanggannya akan dibantu oleh sejumlah dosen pembimbing yang akan mendampingi mahasiswa, antara lain Dr Ahmad, M.HI dan Finsa Adhi Pratama, M. Ag.

Terkini