NEWS

Fenomena Angin Puting Beliung Muncul di Perairan Baubau

1119
Angin puting beliung muncul di perairan Kota Baubau. Detik-detik kemunculannya, terekam kamera ponsel warga.

BAUBAU – Fenomena waterspout atau angin puting beliung, terjadi di perairan Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin 7 Februari2022. Penampakan pusaran angin di atas laut itu, sempat terekam kamera ponsel warga.

Dalam rekaman video tersebut, angin itu muncul ditandai awan tebal terbentuk di langit. Warga yang merekam peristiwa itu menjadi panik, karena khawatir pusaran angin puting beliung mengarah ke daratan.

Prakirawan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Baubau Satriyo Unggul Wicaksono ditemui, Rabu 9 Februari 2022 menjelaskan, angin puting beliung tersebut adalah fenomena alam yang terjadi pada musim pancaroba dan musim hujan.

Baca Juga : Kemenkumham Sultra Buka Layanan Konsultasi Publik di Arena Pameran HPN

“Puting beliung itu biasanya tidak lama, paling hanya berlangsung sekitar 10 menit. Itu juga, hanya terjadi di perairan itu saja dan tidak akan ke darat,” jelasnya.

Satriyo mengatakan, efek dari puting beliung bisa menimbulkan gelombang dan dapat menggangu aktivitas nelayan maupun masyarakat pesisir.

“Kami mengimbau kepada nelayan yang sedang melakukan aktivitas agar tetap berhati-hati, apabila menemukan fenomena semacam ini untuk tidak mendekati pusaran angin itu karena akan sangat berbahaya,” tutup Satriyo.

 

Penulis : Adhil

You cannot copy content of this page

You cannot print contents of this website.
Exit mobile version